Unika Atma Jaya Sediakan Beasiswa untuk Siswa Timor Leste

Jum'at, 22 Juli 2022 - 11:19 WIB
loading...
Unika Atma Jaya Sediakan Beasiswa untuk Siswa Timor Leste
Acara kunjungan Presiden Timor Leste Dr. José Ramos-Horta ke Unika Atma Jaya. Foto/Unika Atma Jaya.
A A A
JAKARTA - Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya menyediakan sejumlah beasiswa kepada siswa dari Timor Leste untuk belajar di kampusnya. Beasiswa ini menjadi akses siswa dari Timor Leste untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Rektor Unika Atma Jaya, Dr. Agustinus Prasetyantoko mengatakan kerja sama yang baik dengan Timor Leste adalah wujud dari komitmen Unika Atma Jaya dalam memperluas jejaring pada di tingkat regional dan global untuk dapat memajukan performa pendidikan yang lebih baik.

Baca: Kemendikbudristek-LPDP Buka Beasiswa untuk Guru PAUD, Ini Link Pendaftarannya

“Unika Atma Jaya sendiri memiliki hubungan yang sangat kuat dengan Timor Leste. Sudah banyak pemuda-pemuda hebat Timor Leste yang menjadi mahasiswa kita di masa lalu. Saat ini terdapat 3 mahasiswa aktif dari Timor Leste yang belajar di universitas kami, "ungkap Prasetyantoko saat menyambut kedatangan Presiden Timor Leste di Unika Atma Jaya, melalui siaran pers, Jumat (22/7/2022).

Unika Atma Jaya secara resmi meluncurkan inisiatif pertama beasiswa siswa internasional dengan memberikan 50 beasiswa gratis untuk siswa-siswi Timor Leste. Beasiswa bagi calon mahasiswa tersebut merupakan upaya kampus untuk memberikan akses pemerataan pendidikan bagi generasi muda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi guna menguasai dunia keilmuan bagi kemajuan peradaban bangsa.

Tercatat, Unika Atma Jaya memberikan 100% beasiswa gratis biaya kuliah kepada sejumlah 248 siswa terpilih tahun 2021, dan berkomitmen untuk tambahan 20% dari jumlah tersebut yang didedikasikan untuk siswa Timor Leste. Hal ini dilakukan agar hubungan baik sebagai mitra strategis dan rekan dekat yang sudah berlangsung lama dengan Unika Atma Jaya dapat terus terjain dengan baik.

Kedekatan dengan Unika Atma Jaya ini membawa Presiden Timor Leste, Dr. José Ramos-Horta datang mengunjungi salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia ini. Kedatangannya membahas sejumlah kerja sama di antaranya penjajakan student exchange dan program exchange bagi keduanya.

Baca juga: Tanoto Foundation Buka Pendaftaran Program Beasiswa Kepemimpinan untuk Mahasiswa

Selain memberikan kuliah umum, José Ramos-Horta memberikan apresiasinya atas beasiswa yang sudah diberikan kepada 43 siswa-siswi Timor Leste di tahun 2022.
Pemberian beasiswa merupakan perluasan pendidikan yang dilakukan Unika Atma Jaya dalam mendukung program pemerintah secara maksimal. Hal itu sejalan dengan cita-cita pendiri Atma Jaya yakni Frans Seda sebagai founding father Unika Atma Jaya.

Hubungan baik antara Timor Leste dan Unika Atma Jaya akan terus berlangsung dengan adanya program students exchange, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan magang, juga kesempatan dosen untuk mengajar satu sampai dua mata kuliah di Timor Leste atau flying lecture.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1404 seconds (11.252#12.26)