Tingkatkan Kualitas SDM, UT-Pemkab Merangin Jalin Kerja Sama

Jum'at, 22 Juli 2022 - 12:57 WIB
loading...
Tingkatkan Kualitas SDM, UT-Pemkab Merangin Jalin Kerja Sama
MoU antara Pemkab Merangin dan Universitas Terbuka. Foto/Humas UT.
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin menjalin kerja sama dengan Universitas Terbuka ( UT ) untuk mencetak SDM unggul di wilayahnya. Salah satu program pendidikan yang dikembangkan ialah layanan pendidikan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Bupati Merangin H Mashuri mengatakan, pihaknya memilih UT untuk meningkatkan akses pendidikan dan kualitas SDM di wilayahnya karena UT memberikan layanan pendidikan jarak jauh sehingga bisa dicapai masyarakatnya yang sulit terjangkau pendidikan konvensional.

"Untuk memperoleh akses pendidikan di Kabupaten Merangin ini selama ini sangat sulit dijangkau karena pada umumnya anak kami sekolah ke luar daerah," katanya usai penandatanganan kerja sama UT dan Pemkab Merangin di UTCC, Rabu (20/7/2022).

Baca: Kuliah di Kampus Logistik dan Bisnis, Ada Beasiswa Kuliah Gratis hingga Lulus

Bupati melanjutkan, dengan adanya UT maka mahasiswa bisa kuliah dari rumah sambil bekerja pula. Mereka juga bisa memilih jurusan-jurusan kuliah yang beragam di UT sehingga kompetensi SDM di Kabupaten Merangin pun dapat meningkat.

Kedepannya, Bupati juga berkomitmen untuk menyediakan lahan untuk membangun kantor cabang UT di wilayahnya. Sehingga dengan demikian peningkatan kualitas SDM di wilayah Kabupaten Merangin dapat tercapai dengan cepat. "Semoga MoU ini akan dapat segera diimplementasikan dengan berbagai kerja sama untuk kemaslahatan bersama," ujarnya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT Rahmat Budiman mengatakan, fakultas-fakultas di UT akan menyediakan paket perkuliahan dengan metode Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi para guru SD, guru PAUD, aparatur desa, dan juga ASN untuk mendapat pengakuan atas capaian pembelajaran sebelumnya.

Baca juga: Unika Atma Jaya Sediakan Beasiswa untuk Siswa Timor Leste

Melalui RPL ini, lanjut Rahmat, para guru dan ASN dengan masa kerja, sertifikat pelatihan, ataupun capaian prestasi yang mereka miliki akan dapat dikonversi menjadi satuan kredit semester (SKS) sehingga mereka bisa menyelesaikan kuliah dengan lebih cepat.

"Kita sudah ada rumusnya (konversi untuk RPL). Kemudian kita kumpulkan datanya maka otomatis setelah kita assesment yang bersangkutan misalnya bisa bebas 2 semester, tiga semester," terang Rahmat.

Kerja sama ini merupakan salah satu amanat pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mencetak SDM unggul, kreatif, dan mandiri melalui sistem belajar jarak jauh dan terbuka.

Dengan fleksibilitas tinggi dan daya jangkau yang luas, menjadikan UT pilihan utama bagi Pemkab Merangin, Jambi, Sumatera untuk menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia, serta penggunaan sarana dan prasarana dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2424 seconds (10.101#12.26)