SPMB Mandiri UIN Jakarta Diikuti Belasan Ribu Peserta, Kapan Pengumuman Kelulusannya?

Jum'at, 22 Juli 2022 - 15:56 WIB
loading...
SPMB Mandiri UIN Jakarta Diikuti Belasan Ribu Peserta, Kapan Pengumuman Kelulusannya?
SPMB Mandiri UIN Jakarta diikuti lebih dari 17.000 peserta. Foto/Tangkap layar laman UIN Jakarta.
A A A
JAKARTA - Lebih dari 17.000 calon mahasiswa baru atau camaba Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah ( UIN Jakarta ) mengikuti tes masuk jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri (SPMB Mandiri), Rabu (20/7/2022). Pengumuman kelulusan jalur mandiri ini akan digelar pada 5 Agustus 2022.

SPMB Mandiri dilakukan menggunakan aplikasi sistem seleksi elektronik yang memungkinkan camaba mengikuti ujian langsung dari tempat tinggal masing-masing.

Seleksi dilakukan dalam dua sesi dengan melibatkan tim pengawas yang melayani peserta. Hingga sesi terakhir, tidak ada kendala berarti yang dihadapi para peserta.

Baca: 24 Peserta Disabilitas Ikut Tes Masuk Unesa, Dari Aceh Rela Naik Bus Berhari-hari

“Alhamdulillah, kegiatan ujian jalur SPMB Mandiri tidak ada kendala berarti. Semua berlangsung lancar. Mudah-mudahan para calon mahasiswa puas atas layanan seleksi yang diberikan,” ujar Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAAKK) Dr. H. Jaenuddin, dikutip dari laman UIN Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Diketahui, SPMB Mandiri merupakan jalur seleksi masuk terakhir bagi para calon mahasiswa yang tertarik kuliah di UIN Jakarta. Sebelumnya, UIN Jakarta telah menggelar seleksi masuk jalur SNMPTN, SPAN-PTKIN, UTBK-SBMPTN, UM-PTKIN, dan SMM PTN-Barat.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Diprediksi akan Hilang di Masa Depan, Ini Daftarnya

Di jalur SPMB Mandiri, UIN Jakarta memberi kesempatan seleksi masuk bagi para lulusan tiga tahun terakhir dari jenjang Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas atau sederajat. Melalui jalur ini, calon mahasiswa bisa memilih dua program studi di Paket Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk kelompok program studi agama/Sosial atau Paket Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk kelompok program studi sains.

Kepala Bagian Akademik UIN Jakarta Feni Arifiani menambahkan, informasi kelulusan bagi para calon mahasiswa yang mengikuti ujian mandiri dijadwalkan pada 5 Agustus mendatang. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulusan nantinya harus mengisi isian Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagai dasar penentuan besaran biaya kuliah mereka.

“Masa pengisian UKT berlangsung selama tanggal 5 hingga 9 Agustus 2022, untuk diumumkan hasilnya pada 13 Agustus. Calon mahasiswa bisa melakukan klarifikasi UKT pada tanggal 13 hingga 15 Agustus untuk nanti diumumkan hasil final besaran UKT-nya pada 18 Agustus,” pungkasnya.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1856 seconds (11.252#12.26)