Tak Hanya Jadi Guru, Ini Prospek Kerja Jurusan PGSD

Sabtu, 23 Juli 2022 - 12:50 WIB
loading...
Tak Hanya Jadi Guru, Ini Prospek Kerja Jurusan PGSD
Mengenal prospek kerja jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) memiliki prospek kerja yang tidak hanya menjadi guru SD. Memiliki mata kuliah beragam, lulusan jurusan PGSD bisa meniti karier menjadi dosen, PNS, hingga content creator.

Jurusan PGSD mempelajari tata cara mendidik seorang anak usia SD, mulai dari akademik hingga karakternya. Jurusan ini tidak hanya belajar hal yang bersifat akademis, tetapi juga belajar hal yang berkaitan dengan perkembangan kepribadian anak. Program studi PGSD dapat kamu temui di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Baca: Mahasiswa UI Lolos Pertukaran Pelajar ke Jepang untuk Belajar Saintek

Apa saja yang dipelajari di Jurusan PGSD? Dikutip dari laman Brain Academy, jurusan ini belajar berbagai macam-macam materi pelajaran SD. Mulai dari Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni, Pramuka, dan lain-lain. Bukan hanya materi, tetapi cara memecahkan soal dan teknik mengajar untuk anak usia sekolah dasar.

Itulah sebabnya, waktu kita SD, ada satu orang guru yang bisa mengajarkan berbagai macam pelajaran. Bahkan, mereka juga kreatif dalam membuat prakarya, melakukan tarian, hingga memainkan alat musik.

Di semester 1 dan 2 jurusan PGSD, mahasiswa dikenalkan dengan mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan, Perkembangan Peserta Didik, Teknologi Pendidikan, dan beberapa konsep dasar mapel SD. Selanjutnya, di semester 3 dan 4, mahasiswa PGSD bertemu dengan mata kuliah Keterampilan Mengajar, Psikologi Pendidikan, Pendidikan Kesehatan Anak, dan mata kuliah yang berhubungan dengan Statistika.

Pada semester 5 dan 6, mata kuliah PGSD mulai mengerucut. Mahasiswa akan mendalami mata pelajaran SD secara spesifik serta diharuskan menguasai bimbingan konseling untuk siswa SD. Selanjutnya mahasiswa bakal menghadapi KKN, Praktik Kerja Lapangan atau Magang, dan Skripsi untuk memperoleh gelar kelulusan.

Di SNMPTN, UTBK, dan Ujian Mandiri, program studi PGSD masuk ke ranah ilmu Soshum. Sehingga dapat dimasuki oleh siswa SMA IPS atau IPA yang mengambil lintas jurusan. Kuliah PGSD ditempuh dalam waktu empat tahun dan akan memperoleh gelar S.Pd atau Sarjana Pendidikan.

Baca juga: SPMB Mandiri UIN Jakarta Diikuti Belasan Ribu Peserta, Kapan Pengumuman Kelulusannya?

Meskipun disiapkan menjadi calon guru di tingkat SD, jurusan PGSD memiliki prospek kerja yang luas. Karena, mahasiswanya tidak cuma belajar tentang pendidikan, melainkan psikologi dan perkembangan anak. Berikut pilihan profesi untuk lulusan Jurusan PGSD.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5467 seconds (0.1#10.140)