Sederet Orang Terkaya di Indonesia 2022 dan Kampus yang Menempa para Konglomerat

Selasa, 26 Juli 2022 - 11:28 WIB
loading...
Sederet Orang Terkaya di Indonesia 2022 dan Kampus yang Menempa para Konglomerat
Robert Budi Hartono, Bos Djarum Group, lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro (Undip). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Forbes Real Time Billionaire kembali merilis daftar sepuluh besar orang terkaya di Indonesia. Peringkat ini biasa didapatkan dari individu yang kekayaannya secara signifikan terkait dengan perusahaan swasta yang akan diperbarui kekayaan bersihnya sekali sehari.

Dari hasil tersebut, Forbes mencatat kekayaan Budi dan Michael Hartono secara real time masih menjadi yang terbesar di Indonesia. Disusul posisi ketiga ditempati oleh Chairman & Founder CT Corp Chairul Tanjung.



Posisi keempat hingga keenam berturut-turut ditempati oleh Sri Prakash Lohia dengan kekayaan USD 6,6 miliar atau Rp96,36 triliun, Prajogo Pangestu dengan USD 5,4 miliar atau Rp78,84 triliun, dan Low Tuck Kwong dengan USD 4,3 miliar atau Rp62,78 triliun.

Sementara melengkapi daftar 10 orang terkaya di Indonesia ada Djoko Susanto yang menempati posisi ke-10. Dari daftar 10 besar, 6 di antaranya adalah lulusan kampus kenamaan.



Berikut 6 orang terkaya di Indonesia dan Almamater kampusnya:

1. R Budi Hartono - Universitas Diponegoro

Budi Hartono memiliki kekayaan sekitar USD 21,5 miliar atau Rp313,9 triliun. Kekayaan ini didapat dari Djarum, investasi di Bank Central Asia (BCA), merek elektronik Polytron, bisnis real estate di Jakarta, dan saham di startup game Razer.

Budi Hartono Bersaudara adalah lulusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro (Undip).

2. Michael Hartono - Universitas Diponegoro

Dikenal sebagai dua bersaudara konglomerat terkaya, Michael Hartono memiliki kekayaan sekitar USD20,4 miliar atau Rp302,22 triliun. Kekayaan ini juga didapat dari bisnis yang sama dengan Budi Hartono.

Soal pendidikan, Michael Hartono juga sama-sama alumni dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro (Undip).

3. Chairul Tanjung - Universitas Indonesia

Chairman & Founder CT Corp ini memiliki kekayaan sekitar USD7,5 miliar atau Rp109,5 triliun. Pebisnis yang dikenal dengan 'Anak Singkong' ini adalah alumni Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (UI) yang lulus pada 1987.

4. Theodore P Rachmat - Institut Teknologi Bandung

Lulusan Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki kekayaan sekitar USD3,3 miliar atau Rp48,18 triliun.

Kekayaan ini berasal dari perusahaannya Triputra Group yang juga memiliki beberapa anak usaha di berbagai sektor, mulai dari agribisnis, batu bara, perdagangan, manufaktur, pertanian, hingga dealer motor dan logistik.

5. Wijono & Hermanto Tanoko - STIE IBMT Surabaya

Keduanya memiliki kekayaan mencapai sekitar USD 3,1 miliar atau Rp45,26 triliun. Kekayaan ini berasal dari Tancorp Abadi Nusantara, di mana keduanya juga menjabat sebagai Group CEO.

Menurut situs resmi perusahaan, Tancorp Abadi Nusantara sendiri membawahi 8 subholding perusahaan mulai dari, industri, distribusi, properti, perhotelan, makanan & minuman, kesehatan & kecantikan, bisnis jaringan, serta kafe & restoran.

Diketahui, Hermanto Tanoko adalah Lulusan STIE IBMT School of Management, Surabaya.

6. Martua Sitorus - Universitas HKBP Nommensen

Pemilik Wilmar Group yang bergerak di bidang manufaktur dan kelapa sawit ini memiliki kekayaan sekitar USD 2,7 miliar atau Rp39,41 triliun. Semasa mengenyam pendidikan, ia pernah berkuliah di jurusan Ekonomi di Universitas HKBP Nommensen, Medan.

Nah, itulah daftar orang terkaya di Indonesia menurut Forbes 2022 beserta almamater kampusnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)