5 Jurusan yang Dibutuhkan di Bank, Nomor Terakhir Banyak Dicari

Kamis, 28 Juli 2022 - 09:49 WIB
loading...
5 Jurusan yang Dibutuhkan...
Sedikitnya ada lima jurusan yang dibutuhkan di bank. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima jurusan yang dibutuhkan di bank . Dengan memahaminya, hal ini bisa jadi rekomendasi bagi kalian yang ingin bekerja di perbankan .

Bekerja di perbankan merupakan hal yang wajar dan menjadi tujuan banyak orang. Sebab selain memiliki gaji yang lumayan tinggi juga terdapat beberapa bank yang termasuk ke dalam BUMN .

Baca juga : Tidak Nyambung, Ini Jurusan yang Bisa Kerja di Bank

Sehingga kehidupan pegawai bank bisa dibilang terjamin. Pekerjaan ini juga cocok untuk yang suka menghitung dan punya skill komunikasi yang baik dalam melayani nasabah.

Berikut lima jurusan yang dibutuhkan di Bank seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Jurusan Perbankan

Jurusan ini memang dikhususkan bagi mahasiswa yang ingin bekerja di bank bila lulus nanti. Program studi yang mempelajari tentang keuangan di berbagai sektor di perbankan ini memang memiliki prospek yang bagus.

Banyak posisi yang bisa ditempati oleh lulusan jurusan perbankan, mulai dari teller, customer service, konsultan dan lain sebagainya. Beberapa universitas yang menyediakan jurusan ini adalah Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Indonesia dan masih banyak lagi.

2. Jurusan Hukum

Ternyata mahasiswa lulusan hukum juga punya kesempatan untuk kerja di bank. Jurusan ini memang tidak hanya bisa menjadi pengacara atau hakim. Bila masuk dalam perbankan maka sarjana hukum bisa ditempatkan di enabler ataupun konsultan keuangan.

Universitas yang menyediakan jurusan ini terbilang banyak di Indonesia diantaranya, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, dan masih banyak lainnya.

3. Jurusan Ilmu Ekonomi

Ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan sumber daya baik itu manusia atau alam demi kesejahteraan masyarakat tentu membuat sarjana ilmu ekonomi ahli dalam hal menganalisis data. Sehingga dapat diposisikan menjadi Analis kredit, founding officer, hingga customer service atau teller.

Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Bina Nusantara adalah beberapa universitas yang menyediakan jurusan yang dibutuhkan di bank tersebut.

Baca juga : Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Menjanjikan Jurusan Perbankan Syariah

4. Jurusan Ekonomi Syariah

Banyaknya bank syariah yang bermunculan belakangan ini tentu membuat jurusan ekonomi syariah akan sangat dibutuhkan. Ilmu yang diajarkan di prodi ini termasuk hampir sama dengan ilmu ekonomi bedanya terdapat beberapa ajaran islam didalamnya. Sehingga sarjana jurusan ini bisa masuk ke perbankan syariah yang ada dan bisa menjadi teller, CS atau yang lainnya.

Universitas yang menyediakan prodi ini tidak hanya universitas islam saja misalnya, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran dan Universitas Diponegoro.

5. Jurusan Teknik Informatika

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat setiap perusahaan termasuk perbankan membutuhkan karyawan yang mengerti tentang pemrograman atau IT. Sarjana jurusan ini biasanya menjadi pengembang atau pengelola aplikasi di perbankan. Jurusan IT ini memang sedang sangat di cari di era saat ini.

Jurusan yang dibutuhkan di bank ini tersedia di Institut Teknik Bandung, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Negeri Sebelas Maret dan masih banyak lagi.
(bim)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0965 seconds (0.1#10.140)