Sederet Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Indonesia, Salah Satunya Tasawuf Psikoterapi

Kamis, 28 Juli 2022 - 13:10 WIB
loading...
Sederet Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Indonesia, Salah Satunya Tasawuf Psikoterapi
Sederet jurusan kuliah yang hanya ada di Indonesia, salah satunya jurusan Taswauf Psikoterapi. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Perguruan tinggi di Indonesia memiliki beragam pilihan jurusan, mulai dari jurusan rumpun Saintek hingga jurusan rumpun Soshum. Namun di samping itu ada beberapa jurusan kuliah yang hanya bisa ditemukan di Indonesia.

Umumnya, jurusan-jurusan tersebut berfokus pada kebudayaan yang berkembang di negara ini sehingga diharapkan masing-masing jurusan bisa menghasilkan generasi penerus.

Dikutip dari laman Ruangguru, berikut ini lima jurusan kuliah yang hanya ada di Indonesia.

Baca: 5 Jurusan yang Dibutuhkan di Bank, Nomor Terakhir Banyak Dicari

1. Teknologi Batik

Pada 2009, batik ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO, yang bertujuan menjamin keberadaan dan nilai penting salah satu budaya Indonesia ini. Untuk menyikapi penetapan tersebut, Universitas Pekalongan pada 2011 meresmikan jurusan Teknologi Batik.

Kalau kamu masuk ke jurusan ini, kamu akan mempelajari sejarah, filosofi, dan teknik pembatikan. Dengan begitu, setelah lulus dan bergelar Ahli Madya (A.Md.), kamu pun memiliki pengetahuan dan keterampilan mendalam soal batik, mampu menciptakan usaha secara mandiri, serta mengembangkan teknologi untuk semakin memopulerkan batik.

2. Tasawuf Psikoterapi

Jurusan Tasawuf Psikoterapi menggabungkan dua disiplin ilmu guna mengkaji masalah kejiwaan atau kesehatan mental, yaitu tasawuf (atau biasa disebut sufisme) dan terapi psikologi.

Tasawuf mempelajari cara-cara menyucikan jiwa dan menjernihkan akhlak dari sisi agama. Sementara itu, terapi psikologi mempelajari usaha penyembuhan penyakit yang berkaitan dengan pikiran, perasaan, dan perilaku. Jadi, di jurusan ini, kamu akan melihat masalah kesehatan mental dari sisi sains, medis, dan agama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3361 seconds (0.1#10.140)