Ini Sederet Universitas Ternama yang Menerima KIP Kuliah, Cek Daftarnya

Senin, 01 Agustus 2022 - 12:32 WIB
loading...
A A A
Peserta yang dinyatakan lolos verifikasi KIP kuliah tidak dibebankan biaya sepeser pun.

2. Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro (Undip) juga menerima mahasiswa pemilik KIP. Sama seperti UI, Undip menyiapkan 3 jalur bagi pemilik KIP kuliah, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri.

Khusus seleksi mandiri Undip atau yang lebih dikenal dengan Ujian Mandiri (UM), calon mahasiswa harus mampu menunjukkan kepemilikan KIP dan nilai rapor.

Dalam laman resmi PMB Undip juga disebutkan bahwa peserta UM wajib membuat esai wawasan kebangsaan. Bagi calon mahasiswa asal program saintek dan soshum, maka diperbolehkan memilih 2 program studio sesuai asal program.

Sementara, mereka yang ingin lintas jurusan atau campuran, bisa memilih 1 program studi saintek dan 1 program studi soshum.

3. Universitas Trisakti

Salah satu universitas swasta terkemuka di Indonesia, Trisakti, menyediakan program bagi pemilik KIP kuliah.

Mengutip laman resminya, kampus yang berada di Jakarta Barat ini tidak memberlakukan KIP bagi mahasiwa yang ingin menuntut ilmu di Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi.

Adapun syarat bagi peserta KIP yang berencana berkuliah di Trisakti adalah dengan melakukan pendaftaran di laman SPMB Trisakti dan mengunggah berkas-berkas yang disyaratkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)