Mengenal Survei Lingkungan Belajar yang Jadi Salah Satu Instrumen ANBK

Selasa, 02 Agustus 2022 - 12:51 WIB
loading...
Mengenal Survei Lingkungan Belajar yang Jadi Salah Satu Instrumen ANBK
Survei Lingkungan Belajar menjadi salah satu instrumen pada ANBK. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek memiliki program Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk memotret mutu pembelajaran di sekolah. Salah satu instrumen yang digunakan di ANBK adalah Survei Lingkungan Belajar.

ANBK memiliki tiga instrumen, yakni Asesmen Kompetensi Minimum yang mencakup kompetensi literasi dan numerasi, Survei Karakter, dan terakhir Survei Lingkungan Belajar.

Survei Lingkungan Belajar wajib diisi oleh seluruh kepala sekolah dan guru yang terdaftar pada sistem pendataan Dapodik dan Emis. Kepala sekolah dan guru dapat melakukan Login menggunakan data yang tercetak pada kartu Login Sulingjar.

Dikutip dari laman Pusat Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, Survei Lingkungan Belajar adalah alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan.

Baca: Bapak-Ibu Harus Tahu, Ini Bedanya Anak Hiperaktif dan Aktif

Hasil dari informasi yang diperoleh pada Survei Lingkungan Belajar adalah tentang faktor-faktor dari aspek input dan proses pembelajaran yang berpotensi mempengaruhi hasil belajar murid.

Satuan pendidikan bisa dikatakan baik, jika satuan pendidikan tersebut mampu memfasilitasi belajar murid melalui beberapa hal berikut:

a. Proses pembelajaran yang berkualitas

b. Guru-guru yang secara konsisten melakukan refleksi dan memperbaiki praktik pengajarannya

c. Kepala satuan pendidikan yang menerapkan visi, kebijakan, dan program yang berfokus pada kualitas pembelajaran
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)