Wujudkan Kampus Berkelas Dunia, UT Berkolaborasi dengan AIOU Pakistan

Selasa, 02 Agustus 2022 - 14:04 WIB
loading...
Wujudkan Kampus Berkelas Dunia, UT Berkolaborasi dengan AIOU Pakistan
Universitas Terbuka menjalin kerja sama dengan Allama Iqbal Open University (AIOU) Pakistan. Foto/Humas UT.
A A A
JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) menjalin kerja sama pendidikan dengan Allama Iqbal Open University (AIOU) Pakistan. Kerja sama ini juga terkait dengan visi UT menjadi menjadi Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) berkualitas dunia.

Rektor UT Prof. Drs. Ojat Darojat mendapat kepercayaan menjadi Presiden Asian Association of Open Universities (AAOU) periode 2020-2022. Dengan AAOU, UT bersama lebih dari 50 universitas dunia lainnya terus berusaha untuk menyediakan pendidikan tinggi terbuka yang fleksibel, terjangkau, dan berkualitas bagi semua.

Baca: Calon Mahasiswa, Ini Durasi Masa Ikatan Dinas Setelah Lulus dari PKN STAN

Salah satu anggota AAOU yang terus menjalin hubungan baik dengan UT adalah Allama Iqbal Open University (AIOU) Pakistan. Keduanya memiliki komitmen yang kuat dalam memajukan pendidikan jarak jauh di Asia.

AIOU adalah universitas negeri di Pakistan dan merupakan institusi pendidikan tinggi terbesar kedua di dunia dengan jumlah mahasiswa rata-rata sebanyak 1,2 juta per tahun. Sama seperti UT, AIOU juga menerapkan sistem PTTJJ dengan memiliki 44 kampus di berbagai daerah di Pakistan.

AIOU berkunjung ke Kantor Pusat UT yang dikemas dalam kegiatan Faculty and Staff Exchange Program pada 31 Juli – 6 Agustus 2022. Diharapkan melalui kegiatan pertukaran ini, UT dan AIOU dapat bertukar pikiran dan pengalaman dalam pelaksanaan sistem PTJJ dan memajukan pendidikan di kedua institusi pada khususnya dan di dunia pada umumnya.

Pada 1 Agustus 2022, kerja sama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara UT dan AIOU sebagai acuan bersama untuk membina hubungan persahabatan melalui kerja sama yang saling menguntungkan dalam pengajaran, penelitian dan proyek bersama antara UT dan AIOU.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat menyambut baik kunjungan dan kerja sama antara UT dengan AIOU. UT, ujarnya, bisa banyak belajar dari AIOU untuk dapat mencapai target jumlah mahasiswa.

Baca juga: LaNyalla Minta Pemerintah Hadirkan Kebijakan Tekan Kesenjangan Pendidikan

Vice Chancellor AIOU Pakistan Prof. Zia Ul-Qayyum juga mengapresiasi kerja sama dengan UT sebagai upaya pengembangan pendidikan yang lebih baik dan maju ke depan. Dia menyampaikan, kolaborasi ini merupakan hal terpenting untuk memajukan pendidikan.

"Karena dunia ini tentang kolaborasi, mengembangkan penelitian, pembelajaran siswa, dan spesial mengenai kualitas pendidikan untuk sama-sama memajukan pendidikan bangsa,” katanya, dikutip dari laman UT, Selasa (2/8/2022).

“Kami ingin belajar dari UT mengenai quality assurance karena UT sudah maju dalam hal ini. Sementara itu, kita bisa saling menggali potensi kerja sama lain, seperti dual-program, penelitian, dan pengembangan bahan ajar berbahasa Inggris sehingga masyarakat asing bisa kuliah. Selain itu, bisa kita lakukan post doc program,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, AIOU juga turut mengundang Rektor UT sebagai tamu kehormatan untuk menghadiri pertemuan The COMTECH Inter-Islamic Network on Virtual Universities (CINVU) yang dilaksanakan pada 10 Mei – 13 Mei 2022 di Pakistan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)