Asesmen Nasional akan Kembali Digelar, Cek Lini Masanya untuk Jenjang SMP

Rabu, 03 Agustus 2022 - 18:02 WIB
loading...
Asesmen Nasional akan Kembali Digelar, Cek Lini Masanya untuk Jenjang SMP
Asesmen Nasional akan kembali digelar di setiap satuan pendidikan. Foto/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Setelah berhasil diselenggarakan pada 2021 lalu, tahun ini Asesmen Nasiona l (AN) kembali digelar di seluruh Indonesia. AN juga akan berlangsung di jenjang Sekolah Menengah Pertama ( SMP ).

Pelaksanaan AN dan juga petunjuk teknis operasionalnya telah dimuat pada Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 013/H/PG.00/2022 Tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Asesmen Nasional 2022.

Baca: Beberapa Sekolah Ditutup, DPR Ingatkan Kembali Penerapan Prokes dan Booster

Melalui peraturan ini, AN tidak hanya akan berlangsung di sekolah umum, namun juga Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK), serta Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang terdaftar dalam Dapodik atau EMIS dan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang valid.

AN merupakan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk memetakan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Pelaksanaan AN merupakan tanggung jawab bersama antara Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan perwakilan RI di luar negeri. Sama seperti sebelumnya, pelaksanaan AN menggunakan sistem berbasis komputer secara daring atau semi daring.

Dikutip dari laman Direktorat SMP Kemendikbudristek, berikut lini masa pelaksanaan AN di jenjang SMP.

Asesmen Nasional 2022 Untuk Peserta Didik

29 – 31 Juli 2022 : Sinkronisasi simulasi AN Gelombang I

1 – 4 Agustus 2022 : Simulasi AN Gelombang I
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2304 seconds (0.1#10.140)