Mahasiswa PENS Kembangkan Robot Observasi Gunung Berapi

Kamis, 04 Agustus 2022 - 09:26 WIB
loading...
Mahasiswa PENS Kembangkan Robot Observasi Gunung Berapi
Robot observasi gunung berapi karya mahasiswa PENS. Foto/Tangkap layar laman Dikti Vokasi.
A A A
JAKARTA - Indonesia termasuk negara yang rawan bencana . Kepedulian terhadap kondisi ini pun memacu enam mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ( PENS ) berinovasi menciptakan robot observasi gunung berapi berbasis adaptive morphology.

Salah seorang penggagas robot observasi gunung berapi, Haris Hidayatullah, mengungkapkan, gagasan membuat robot ini bermula dari adanya risiko pasca-erupsi gunung berapi. “Biasanya pasca-erupsi gunung berapi peneliti datang untuk mengambil sample material,” katanya, dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Kamis (4/8/2022).

Baca: Dukung Pelaksanaan MBKM, Kemendikbudristek Kerja Sama dengan Perbankan

Namun, untuk menuju lokasi areal bencana gunung berapi memiliki risiko yang besar. Pasalnya, tidak jarang pasca-erupsi sering kali memunculkan gas beracun. “Robot ini diciptakan untuk mendeteksi gas beracun,” jelasnya.

Robot ini juga berfungsi untuk mengambil sampel material, seperti belerang dan mengecek gas beracun di wilayah bencana. Haris menjelaskan, sebelumnya ia bersama timnya juga melakukan riset untuk melihat kondisi di areal gunung berapi. “Riset itu diperlukan untuk mengetahui kondisi pasca-erupsi,” katanya.

Hasil riset itulah yang lantas digunakan untuk mendesain robot. Oleh karena itu, desain robot dibuat agar bisa berjalan sesuai kondisi di pegunungan. “Rodanya kita rancang untuk medan yang berbatu, berpasir, hingga yang berlumpur,” terang Haris.

Diakui Haris, robot observasi gunung berapi tersebut didesain untuk bisa naik ke puncak gunung. “Robot ini bisa naik ke gunung dengan mekanisme crawling,” ujarnya.

Haris mengungkapkan, pengerjaan robot ini memakan waktu selama 2 tahun, termasuk riset hingga desain dan realisasinya. Untuk saat ini, robot tersebut masih dikendalikan melalui remote control. Akan tetapi, ke depannya akan dikembangkan autonomous.

Baca juga: Catat, Pengumuman Hasil Seleksi Sarjana Terapan Unpad 8 Agustus 2022

Melalui teknologi tersebut nantinya robot bisa mengatur sendiri wilayah yang akan diobservasi. “Untuk saat ini masih mengunakan remote yang bisa dikendalikan dari jarak 3-5 kilometer,” jelas Haris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)