Jurusan Ilmu Hadis Terbaik di Indonesia dan Prospek Kerjanya

Senin, 08 Agustus 2022 - 12:07 WIB
loading...
Jurusan Ilmu Hadis Terbaik di Indonesia dan Prospek Kerjanya
Jurusan ilmu hadis terbaik di Indonesia dan prospek kerjanya. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan Ilmu Hadis terbaik di Indonesia ada di sejumlah perguruan tinggi . Simak juga apa saja prospek kerja yang bisa ditekuni para lulusan jurusan Ilmu Hadis tersebut.

Jurusan Ilmu Hadis tersedia di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) atau Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia yang berada di bawah pembinaan Kementerian Agama.

Jurusan ini didesain khusus untuk menciptakan para lulusan yang akan menjadi tenaga ahli di bidang riset hadis dan ilmu hadis. Kurikulum Jurusan Imu Hadis ditunjang materi kuliah metodologi penelitian hadis, ilmu takhrijul hadis, manahijul muhaddisin, siroh nabawiyah, tahfidz hadis, dan juga ulumul hadis.

Baca: Dimulai Hari Ini, Unair Buka Pendaftaran Jalur Mandiri UTBK-Ujian Tulis

Selain itu mahasiswa juga akan mempelajari ilmu maanil hadis, ilmu rajalil hadis, kajian teks hadis, ilmu jarh wa ta’dil, qowadul hadis, dll. Dilengkapi kuliah profesi seperti hadis ibadah muamalah, hadis sufistik, hadis sosial-politik, hadis lingkungan hidup, dan hadis sains.

Laman resmi jurusan Ilmu Hadis IAIN Pekalongan menjabarkan lulusan Program Studi Ilmu Hadis diharapkan memiliki keahlian dasar-dasar Islam serta profesional di bidang studi Hadis.

Mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis dipersiapkan menjadi:

1.Penafsir pemula, peneliti pemula di bidang Ilmu Hadis, praktisi sosial keagamaan khususnya di bidang Al-Quran dan penafsiran Hadis.

2. Konsultan atau penyuluh agama dan pegawai kantor Kementerian Agama pusat, wilayah, kabupaten maupun kota.

3. Pengajar di Pesantren. Selama ini pondok pesantren masih lebih banyak mengajarkan pemikiran-pemikiran Islam Salaf, dengan masuknya lulusan Jurusan/Program Studi Ilmu Hadis sebagai tenaga pengajar di pondok pesantren, alumni pondok pesantren diharapkan akan lebih mampu menjawab persoalan-persoalan kontemporer yang berkembang di masyarakat dengan basis Al-Quran dan penafsirannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0881 seconds (0.1#10.140)