Raih Gelar Doktor Usia 26 tahun, Mahasiswi IPB Teliti Hewan Purba

Rabu, 10 Agustus 2022 - 10:58 WIB
loading...
Raih Gelar Doktor Usia 26 tahun, Mahasiswi IPB Teliti Hewan Purba
Mahasiswa IPB University Naila Khuril A yang meraih gelar doktor pada usia 26 tahun. Foto/Tangkap layar laman IPB.
A A A
JAKARTA - Sejarah baru telah ditorehkan mahasiswi Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University . Naila Khuril A (26 tahun), mahasiswa program doktor ini meneliti hewan purba atau fosil hidup yang disebut dengan mimi mintuno, belangkas atau kepiting tapal kuda.

Hal ini terungkap dalam disertasinya yang berjudul "Biologi Reproduksi, Kebiasaan Makan dan Konektivitas Populasi Mimi (Xiphosura: Limulidae) di Paparan Sunda".

Baca juga: 27 Perguruan Tinggi Bahas Penanganan Pandemi Tingkat ASEAN

Naila menemukan beberapa area kritis berupa daerah pemijahan dan tempat bersarang mimi yang belum terungkap sebelumnya di Indonesia. Selain itu, disertasi ini berfokus pada dua spesies yang masih berstatus kurang data (data deficient) secara global, terutama untuk wilayah Indonesia.

Dalam sidang promosi telah dilaksanakan di Ruang Diskusi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Naila mengatakan bahwa kebaruan penelitiannya dapat digunakan sebagai upaya konservasi mimi di Indonesia.

Menurut Dr Retno Hartati, ahli biologi kelautan, Universitas Diponegoro yang menjadi penguji dari luar mengatakan bahwa hewan tersebut merupakan spesies yang belum banyak dieksplorasi di negeri ini. “Selain itu, mimi masuk dalam daftar IUCN red list of threatened species, padahal Indonesia sendiri memiliki tiga spesies dari empat yang ada di dunia," katanya, dikutip dari laman IPB University, Rabu (10/8/2022).

Sementara itu, selaku promotor, Prof Hefni Effendi, Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University memaparkan beberapa prestasi dari Naila.

“Naila saat ini tergabung dalam The IUCN SSC Horseshoe Crab Specialist Group. Dengan melakukan penelitian terkait mimi ini, nantinya Naila akan berkontribusi pada proses peninjauan data dan pemutakhiran status kedua spesies yang kekurangan data. Hasil penelitian ini juga memberikan beberapa gambaran kondisi populasi mimi di Indonesia berdasarkan konektivitas populasinya,” kata Prof Hefni.

Ia menambahkan, selama menempuh studi S1 hingga S3 di IPB University Naila mendapatkan beasiswa Bidikmisi dan Pendidikan Magister menuju Gelar Doktor (PMDSU) sehingga masa studinya dibiayai sepenuhnya. Selain itu, Naila juga berkesempatan untuk mendorong kemahiran penelitiannya di National University of Singapore pada tahun 2019.

Baca juga: 90 Negara Ikut Olimpiade Sains Dunia Tertua dan Terbesar di Yogyakarta

Prof Fredinan selaku Dekan FPIK sekaligus Ketua Sidang mengatakan bahwa atas nama fakultas, ia mengucapkan selamat kepada Promovenda yang telah menyelesaikan gelar doktornya di usia yang sangat muda dan membuat sejarah baru di FPIK IPB University.

“Antusiasme dalam sidang tidak hanya dirasakan oleh keluarga Promovenda yang hadir pada sesi promosi. Tetapi juga oleh komisi promosi, panitia promosi dan juga para hadirin yang memperhatikannya selama sesi berlangsung,” ujarnya dalam upacara penganugerahan gelar Doktor kepada Naila Khuril A.

Promovenda dipromotori oleh Prof Hefni Effendi dengan co-promotor Prof Yusli Wardiatno, Dr Ali Mashar, dan (alm) Dr Hawis H Madduppa. Dalam kesempatan sidang terbuka tersebut juga hadir komisi komisi luar yang terdiri dari Dr Retno Hartati dan Dr Majariana Krisanti selaku Ketua Departemen Manajemen Sumber Daya Perairan IPB University.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)