Menag Yaqut Buka PESONA I PTKN 2022 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Rabu, 10 Agustus 2022 - 14:06 WIB
loading...
Menag Yaqut Buka PESONA I PTKN 2022 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Pekan Seni dan Olahraga (PESONA) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Tahun 2022 di Kampus II UIN Sunan Gunung Djati Bandung resmi dibuka Menag Yaqut Cholil Qoumas. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas resmi membuka even Pekan Seni dan Olahraga (PESONA) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Tahun 2022 di Kampus II UIN Sunan Gunung Djati Bandung . Menag berpesan agar para peserta menjaga sportivitas.

Kirab nusantara, karnaval budaya lengkap dengan baju adat dan memainkan angklung memeriahkan pembukaan PESONA I PTKN pada Selasa (9/8/2022) malam. Acara pembukaan dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana, Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kemenag Prof Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Prof Suyitno, Kepala Kantor WilayahKemenag Jawa Barat Ajam Mustajam, dan para Rektor PTKN dan Wakil Rektor se-Indonesia.

Dalam pidato sambutan acara, Menag Yaqut Cholil Qoumas menyatakan apresiasinya atas terlaksananya event besar pertama yang diikuti 61 PTKN. "Melalui PESONA ini, kita jadikan sebagai ikhtiar untuk memotivasi kalangan akademisi dan masyarakat untuk mencintai olahraga. Apakah itu olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga rehabilitasi, dan olahraga prestasi. Setidaknya event ini dapat dijadikan sebagai piranti mengembangkan olahraga prestasi yang bertujuan untuk meraih prestasi dengan cara mengikuti pertandingan atau perlombaan," ujar Yaqut seraya berpesan para peserta dan kontingen PESONA I menjaga sportivitas.

Baca juga: Menag Lantik 29 Pejabat Pimpinan PTKN dan Pejabat Eselon II, Ini Daftarnya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Januk mendoakan agar event yang berlangsung pada 8-13 Agustus 2022 ini dapat berjalan dengan lancar. Mengingat masih dalam suasana pandemi yang masih meningkat, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengajak kepada hadirin yang hadir agar tetap menjaga protokol kesehatan. "Covid-19 tidak akan hilang, akan menyertai kita seperti flu, insyaallah hidup kita segera normal," tuturnya.

Sementara, Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengatakan, jajaran Polda Jabar siap membantu apa pun kegiatan yang digelar di UIN SGD Bandung. Terutama dalam urusan SDM, kehadiran UIN Bandung sangat membantu dalam proses rekrutmen anggota polisi di Jawa Barat.

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan PESONA I PTKN, Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof Mahmud menyampaikan PESONA merupakan bentuk transformasi dari kegiatan semula yang bernama PIONIR yang kemudian menjadi 2 event, yaitu OASE di Aceh dan PESONA di Bandung.

Semangat berkompetisi (Fastabiqul Khairat) yang berbasiskan solidaritas dan persaudaran antarmahasiswa PTKN menjadi suatu keharusan. Karenanya, PESONA menjadi program strategis bagi generasi muda yang kritis, kreatif, dan inovatif sehingga menjadi bekal mahasiswa dalam menyongsong Indonesia Maju 2045.

Tema yang diusung dalam Pesona I PTKN 2022 adalah "Transformasi Nilai-nilai Kebermanfaatan dalam BingkaiKebersamaan untuk Indonesia Unggul". Tagline-nya adalah "Spirit of Harmony".

PESONA I PTKN 2022 memperlombakan dan mempertandingkan sebanyak 22 cabang yang terdiri 12 bidang seni dan 10 pertandingan olahraga. Bidang seni ada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ), Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Pop Solo Islami, Cipta Lagu Islami, Musikalisasi Hadits, Puitisasi Terjemah Al-Qur’an, Qasidah Modern, Kaligrafi, Film Pendek, Stand Up Comedy, dan Monolog.

Sementara, bidang olahraga ada 10 cabang pertandingan yaitu Tenis Meja, Catur, Pencak Silat (seni), Karate (Seni/Kata), Taekwondo (seni), Bola Voli, Bulu Tangkis, Bola Basket, Futsal, dan Panjat Tebing.
(zik)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2614 seconds (11.210#12.26)