Inilah 5 Universitas Terluas di Dunia, Ada yang Capai Puluhan Ribu Hektar

Kamis, 11 Agustus 2022 - 11:32 WIB
loading...
Inilah 5 Universitas Terluas di Dunia, Ada yang Capai Puluhan Ribu Hektar
Sedikitnya ada lima universitas terluas di dunia yang perlu diketahui. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima universitas terluas di dunia yang perlu diketahui. Seiring perkembangannya, jumlah perguruan tinggi di dunia terus mengalami peningkatan.

Satu hal menarik dalam perkembangan tersebut adalah munculnya perguruan tinggi baru yang memiliki luas wilayah di atas rata-rata universitas lainnya. Hanya saja, mereka belum bisa bersaing dengan kampus lama yang memiliki ukuran wilayah yang sangat luas.

Baca juga : Mengenal Universitas Milik BUMN, Ada Telkom University hingga Universitas Pertamina

Berikut lima universitas terluas di dunia yang jarang diketahui :

1. Berry College

Berry College merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Amerika Serikat. Dikutip dari situs resminya, universitas ini didirikan oleh Martha Berry untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada anak-anak setempat.

Berdiri pada tahun 1902, Berry College menjadi universitas terluas di dunia. Ukurannya sendiri diperkirakan mencapai 27.000 acres atau sekitar 10.926 hektar. Wilayah tersebut mencakup sekitar 47 bangunan utama, 15 kelas, hingga 10 asrama.

Selain itu, tersedia juga ekosistem hutan, padang rumput, dan sungai luas yang bisa digunakan untuk penelitian, pembelajaran langsung, hingga rekreasi sekalipun.

Berry College adalah perguruan tinggi seni dan sains liberal yang tercatat sebagai anggota Annapolis Group, sebuah organisasi perguruan tinggi seni liberal nasional tingkat atas.

Pada tahun 2020, universitas ini meraih Penghargaan Perguruan Tinggi Terbaik 2020 versi US News dan World Report. Berry College berada di posisi keempat di antara Universitas lainnya di kawasan Region Selatan.

2. The University of the South

Perguruan tinggi swasta di Amerika Serikat ini didirikan pada tahun 1857. Dikutip dari situs resminya, semua berawal ketika perusahaan pertambangan Sewanee memberikan 5.000 acres tanah kepada Universitas Selatan.

Dua tahun setelahnya, mereka kembali menyumbang 5.000 acres tambahan. Pada perkembangannya, perguruan tinggi ini dikenal sebagai Sewanee: The University of the South.

Saat ini, luasnya diperkirakan mencapai 13.000 acres atau sekitar 5.260 hektar. Ukurannya ini menjadikannya sebagai salah satu universitas terluas di dunia.

3. Stanford University

Universitas Stanford didirikan oleh senator California Leland Stanford pada 1885. Dikutip dari situs resminya, pembentukan perguruan tinggi ini didasari kematian anak Leland Stanford karena penyakit tipes pada 1884. Akhirnya mereka memutuskan mendirikan Stanford University untuk mengenangnya.

Untuk wilayahnya sendiri, keluarga Stanford menggunakan peternakan sapi Palo Alto seluas 8.180 acres atau sekitar 3.310 hektar. Pertama kali, perguruan tinggi ini dibuka pada 1 Oktober 1891 dengan nama Leland Stanford Junior University.

Baca juga : Ranking Universitas, Apa yang Dikejar?

4. Pennsylvania State University

Pennsylvania State University didirikan pada tahun 1855. Pada sejarahnya, pendirian universitas ini menjadi perguruan tinggi ilmu pertanian pertama di Amerika Serikat. Tujuannya untuk menerapkan prinsip-prinsip ilmiah dalam pertanian.

Dikutip dari US News, Pennsylvania State University memiliki sekitar 39.809 mahasiswa baru di Musim Gugur 2020. Selain itu, dengan ukuran mencapai 7.958 acres atau sekitar 3.231 hektar, universitas ini menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

5. Liberty University

Universitas Liberty didirikan pada tahun 1971. Dikutip dari US News, perguruan tinggi ini memiliki luas sekitar 7.000 acres atau sekitar 2.832 hektar. Pada tahun 2020, Liberty University memiliki pendaftar sarjana mencapai 47.988 orang.

Dalam sejarahnya, Liberty University didirikan oleh Jerry Falwell di Lynchburg, Virginia. Pada 1985, perguruan tinggi ini telah diakui sebagai universitas terakreditasi. Setelahnya, Liberty menjadi pelopor pembelajaran jarak jauh yang saat ini dikenal sebagai Liberty University Online.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0974 seconds (10.101#12.26)