Menuju Asesmen Nasional 2022, Ini Tugas Sekolah Agar ANBK Lancar

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 11:21 WIB
loading...
Menuju Asesmen Nasional 2022, Ini Tugas Sekolah Agar ANBK Lancar
Asesmen Nasional 2022 dijadwalkan berlangsung September mendatang. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Asesmen Nasional atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 akan dilaksanakan pada September mendatang. Asesmen Nasional akan berlangsung di sekolah secara daring dan semi daring.

Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan Kemendikbudristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan tiga instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Baca juga: Kemendikbudristek: Siswa Bebas Memilih Materi Pembelajaran di Kurikulum Merdeka

Agar Asesmen Nasional dapat berjalan dengan lancar, maka semua pihak yang terlibat sepatutnya mengetahui tugas dan tanggung jawab masing-masing. Khususnya satuan pendidikan sebagai pihak utama yang akan menjalankan Asesmen Nasional.

Pelaksana Asesmen Nasional tingkat Satuan Pendidikan dibentuk oleh masing-masing satuan pendidikan. Lalu apa saja tugas dan tanggung jawab pelaksana Asesmen Nasional di satuan pendidikan? Mengutip laman resmi Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kemendikbudristek, ini yang perlu dilakukan sekolah.

1. Melakukan sosialisasi kepada pendidik, peserta didik, orang tua atau wali peserta didik, dan masyarakat lainnya tentang kebijakan Asesmen Nasional dan teknis pelaksanaan Asesmen Nasional.

2. Merencanakan pelaksanaan Asesmen Nasional di satuan pendidikan masing-masing.

3. Melakukan verifikasi data calon peserta Asesmen Nasional dan melaporkan ke pelaksana tingkat kabupaten/kota atau provinsi sesuai dengan kewenangannya.

4. Melaksanakan simulasi/uji coba pelaksanaan Asesmen Nasional sesuai jadwal yang ditetapkan Pelaksana Tingkat Pusat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4947 seconds (0.1#10.140)