Siswa, Ini Tiga Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah

Minggu, 14 Agustus 2022 - 13:09 WIB
loading...
Siswa, Ini Tiga Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah
Tiga manfaat bagi siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler Pramuka di sekolah. Foto/SINDOnews/Sutikno.
A A A
JAKARTA - Setiap tanggal 14 Agustus Indonesia memperingati Hari Pramuka . Selain merayakannya, siswa pun perlu mengetahui apa saja manfaat mengikuti ekstrakurikuler Pramuka di sekolah .

Gerakan Pramuka di Indonesia memiliki sejarah panjang yang bisa dirunut dari zaman pendudukan Hindia Belanda hingga memasuki masa kemerdekaan. Tahun ini adalah peringatan Hari Pramuka ke-61.

Hari Pramuka ditetapkan pertama kali pada 14 Agustus 1961 saat Gerakan Pramuka diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat luas dalam suatu upacara di halaman Istana Negara.

Baca juga: Dirayakan Setiap 14 Agustus, Begini Sejarah Hari Pramuka di Indonesia

Gerakan Pramuka diresmikan melalui Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 yang kemudian diperbarui melalui Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010. Saat ini, pramuka menjadi salah kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi pelajar jenjang SMP.

Dalam rangka memperingati Hari Pramuka, berikut ini manfaat mengikuti ekstrakurikuler pramuka di sekolah yang dikutip dari laman Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kemendikbudristek.

Baca juga: Pernah Dapat IPK 1,66, Mahasiswa Unair Ini Berhasil Diwisuda dengan 2 Gelar

1. Memahami nilai-nilai kepramukaan

Terdapat banyak sekali nilai-nilai luhur dalam kepramukaan seperti keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; kecintaan pada alam dan sesama manusia; kecintaan pada Tanah Air dan bangsa; kedisiplinan, keberanian, dan kesetiaan; tolong-menolong; bertanggung jawab dan dapat dipercaya; jernih dalam berpikir, berkata, dan berbuat; hemat, cermat, dan bersahaja; serta rajin dan terampil.

Dengan mengikuti kegiatan Pramuka maka diharapkan seseorang dapat memahami dan tumbuh sebagai pribadi yang baik sesuai dengan nilai-nilai tersebut.

2. Mengasah keterampilan umum
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2861 seconds (11.252#12.26)