5 Universitas Terbaik Indonesia yang Masuk Top 25 Perguruan Tinggi Terbaik di Asia Tenggara versi Webometrics

Selasa, 16 Agustus 2022 - 16:39 WIB
loading...
5 Universitas Terbaik Indonesia yang Masuk Top 25 Perguruan Tinggi Terbaik di Asia Tenggara versi Webometrics
Sedikitnya ada lima universitas terbaik di Indonesia yang masuk top 25 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara versi Webometrics. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima universitas terbaik di Indonesia yang masuk top 25 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara versi Webometrics . Webometrics sendiri merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh dunia.

Pemeringkatan tersebut merupakan inisiasi dari kelompok penelitian Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) dengan menggunakan beberapa indikator yang telah ditentukan.

Baca juga : UI Universitas Terbaik di Indonesia versi Webometrics

Uniknya, Webometrics mengklasifikasikan perguruan tinggi di dunia menjadi beberapa kategori, seperti universitas terbaik di Eropa, Asia, bahkan Asia Tenggara sekalipun.

Berikut lima universitas terbaik di Indonesia yang masuk Top 25 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara versi Webometrics edisi Juli 2022 :

1. Universitas Indonesia (UI)

UI dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Dikutip dari situs resminya, Universitas Indonesia merupakan kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas.

Dalam sejarahnya, cikal bakal pendirian Universitas Indonesia bermula sejak 1849. Setelahnya, UI terus berkembang dan menjelma menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Selain itu, mereka juga telah mencatatkan berbagai raihan prestasi membanggakan di kancah internasional.

Pada pemeringkatan Webometrics edisi Juli 2022 versi perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara, Universitas Indonesia berada di peringkat 10. Posisinya berada satu tingkat diatas UGM yang menempati posisi kesebelas.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Dalam sejarahnya, perguruan tinggi ini merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi seperti Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada, Sekolah Tinggi Teknik, Akademi Ilmu Politik yang terletak di Yogyakarta, dan sebagainya.

Meski peraturan pemerintah yang menjadi dasar pendiriannya tertanggal 16 Desember 1949, namun 19 Desember yang menjadi waktu diperingatinya ulang tahun UGM.

Pada perkembangannya, Universitas Gadjah Mada dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi terfavorit di Indonesia. Dalam pemeringkatan Webometrics versi perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara, UGM berada di peringkat 11. Sedangkan untuk peringkat dunianya berada di posisi 696.

3. Universitas Brawijaya (UB)

Dalam sejarahnya, Universitas Brawijaya (UB) didirikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui kawat no. 258/K/61 dikirim pada tanggal 11 Juli 1961. Nama Brawijaya sendiri diambil dari gelar Raja-Raja Majapahit. Setelahnya, UB menjadi perguruan tinggi negeri pada 5 Januari 1963.

Universitas Brawijaya berada di posisi 19 dalam pemeringkatan Webometrics versi perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara. Sedangkan posisi dunianya berada di peringkat 914.

Baca juga : Ini 10 Politeknik Terbaik di Indonesia versi Webometrics

4. IPB University

Berikutnya ada IPB University. Dalam riwayatnya, IPB didirikan secara resmi pada 1 September 1963 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 91 Tahun 1963 dan disahkan oleh Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 279 Tahun 1965.

IPB sendiri masuk dalam jajaran 25 universitas terbaik di Asia Tenggara versi Webometrics. Mereka menempati posisi 22, sedangkan untuk peringkat dunianya berada di posisi 969.

5. Universitas Airlangga

Presiden Soekarno meresmikan Universitas Airlangga sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ketiga di Indonesia pada 10 November 1954. Nama Airlangga sendiri diartikan sebagai ‘Sang Pemelihara’ yang diambil dari nama raja Abad XI yang bijaksana.

Dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara, Universitas Airlangga berada di peringkat 25. Sedangkan untuk posisi dunianya berada di peringkat 1019.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)