5 Jurusan Kuliah yang Cuma Ada Satu di Indonesia, Peluang Kerjanya Terbuka Luas

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 16:21 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah yang Cuma Ada Satu di Indonesia, Peluang Kerjanya Terbuka Luas
Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan di Universitas Airlangga. Foto/Dok/Humas Unair
A A A
JAKARTA - Sebelum masuk ke perguruan tinggi , para calon mahasiswa harus menentukan kampus dan jurusan mana yang cocok dengan dirinya. Terkadang, menentukan jurusan kuliah memang menjadi persoalan yang cukup rumit dan membingungkan.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelumnya, seperti minat, prospek kerja , hingga persaingan.



Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia membuka jurusan unik nan langka yang bisa menjadi pilihan bagi para calon mahasiswa untuk menetapkan pilihannya dalam mengambil jurusan kuliah.

Jurusan-jurusan ini bahkan hanya ada satu di Indonesia. Walaupun begitu, bukan berarti jurusan ini memiliki kualitas yang buruk dan prospek kerja yang rendah.



Berikut beberapa jurusan kuliah yang hanya ada satu di Indonesia.

1. Rekayasa Nanoteknologi - Universitas Airlangga

Salah satu jurusan langka dan hanya ada satu di Indonesia adalah Rekayasa Nanoteknologi yang terdapat di Universitas Airlangga (Unair).

Jurusan ini berada di Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin. Sesuai namanya, jurusan Rekayasa Nanoteknologi mempelajari karakterisasi hingga produksi dari bahan material berskala nanometer (sangat kecil), seperti skala atom dan molekul.

Dilansir dari situs Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin Unair, jurusan ini fokus pada pegembangan nanoteknologi dalam dunia medis, energi dan lingkungan, serta industri dan komputasi.

Para mahasiswa akan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan perkembangan nanoteknologi seperti nanobiomedis, kinetika dan termodinamika, hingga nanosains kuantum.

Para lulusannya dapat berkerja sebagai peneliti, akademisi, hingga tenaga ahli.

2. Manajemen Industri Katering - Universitas Pendidikan Indonesia

Untuk terjun di dunia kuliner ternyata tidak harus mengambil jurusan tata boga. Jurusan Manajemen Industri Katering yang terdapat di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bisa menjadi pilihan.

Tergabung dalam Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, jurusan Manajemen Industri Katering hanya terdapat satu di Indonesia.

Para mahasiswa akan mempelajari berbagai teknik pengolahan makanan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tidak hanya itu, jurusan ini juga mempelajari mengenai dunia pariwisata sehingga lulusannya dapat bekerja di sektor kuliner pariwisata.

Jurusan unik ini sudah didirikan sejak tahun 2005 guna menghasilkan sarjana pariwisata yang profesional.

3. Sains Atmosfer dan Keplanetan - Institut Teknologi Sumatera

Seperti namanya, jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mempelajari bidang ilmu sains atmosfer dan astrofisika.

Para mahasiswa akan mempelajari berbagai hal mengenai atmosfer dan sistem tata surya dengan lebih spesifik.

Astrofisika, Fenomena Gelombang, hingga Mekanika Sains Atmosfer dan Keplanetan akan menjadi bagian dari mata kuliah yang diterima mahasiswanya.

Prospek kerja bagi lulusan jurusan ini sangat terbuka lebar. Mereka bisa menjadi peneliti hingga konsultan sistem navigasi. Perusahaan yang menerima jurusan ini pun tidak kalah banyaknya, baik perusahaan negara maupun swasta seperti di BMKG, LAPAN, hingga perusahaan telekomunikasi.

4. Sastra Belanda - Universitas Indonesia

Tertarik mempelajari sastra? Jurusan Sastra Belanda yang ada di Universitas Indonesia (UI) bisa menjadi pilihan.

Jurusan ini tergabung dalam Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya dan menjadi satu-satunya di Indonesia.

Target pencapaian para mahasiswa dalam prodi ini mampu berkomunikasi dalam bahasa Belanda baik secara lisan maupun tulis dengan level B1 Common European Framework of Reference.

Selain mempelajari mengenai tata bahasanya, para mahasiswa juga akan belajar mengenai budaya dan sejarah Belanda. Para lulusan dari jurusan ini dapat bekerja menjadi penulis, staf kedutaan, hingga akademisi.

5. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan - Universitas Airlangga

Satu lagi jurusan unik nan langka di Universita Airlangga (Unair) adalah jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan.

Jurusan ini berfokus pada pengembangan robotika dan kecerdasan buatan pada sistem fisik siber yang otonomi.

Untuk bisa mengembangkan sebuah teknologi, tentunya mahasiswa akan melalui mata kuliah pemrograman, elektronika, hingga sistem kontrol.

Jurusan satu-satunya di Indonesia ini pastinya akan mempunyai peluang kerja yang cerah, terlebih lagi dalam industri 4.0 sekarang.

Para lulusannya dapat bekerja di sebagai programmer, teknisi, hingga software engineering.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3852 seconds (0.1#10.140)