6 Sekolah Kedinasan di Bandung yang Paling Diminati, Nomor 3 Diperebutkan Puluhan Ribu Siswa

Kamis, 25 Agustus 2022 - 23:58 WIB
loading...
6 Sekolah Kedinasan di Bandung yang Paling Diminati, Nomor 3 Diperebutkan Puluhan Ribu Siswa
IPDN merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Foto/Dok/IPDN
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa perlu tahu, selain perguruan tinggi negeri (PTN) terkemuka, sekolah kedinasan menjadi incaran siswa-siswi setiap tahunnya. Sekolah kedinasan bisa menjadi opsi terbaik untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sekolah kedinasaan berada langsung di bawah kementrian atau lembaga pemerintahan. Oleh karena itu, persaingan masuk sekolah kedinasan sangat sengit sehingga menjadi kebanggan tersendiri ketika diterima di sekolah kedinasan.



Sekolah kedinasan terbagi ke dalam dua kategori, yaitu sekolah kedinasan dengan ikatan dinas dan sekolah kedinasan dengan non kedinasan. Jika sekolah ikatan dinas biaya pendidikannya ditanggung penuh oleh lembaga.

Berbeda hal dengan non ikatan dinas yang peserta didiknya tidak terikat dengan sekolah kedinasan tersebut, yang artinya harus tetap membayar uang kuliah pribadi, dari kedua perbedaan tersebut jelas lebih sulit bersaing untuk sekolah ikatan dinas dibandingkan non ikatan dinas.



Banyak sekolah kedinasan tersebar di Indonesia. Namun kali ini, kami rangkum 6 sekolah kedinasan yang ada di Kota Kembang, kota incaran mahasiswa.

1. Politeknik STTT (Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung)

Sekolah kedinasan pertama adalah Politeknik STTT Bandung merupakan sekolah tinggi terbaik dalam bidang tekstil. Berdiri sejak tahun 1992 dengan nam Textiel Inrichting Bandoeng (TIB) sampai akhirnya berubah menjadi STTT hingga saat ini.

Sekolah ini merupakan sekolah kedinasan non ikatan dinas yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dengan beberapa program studi yang dimiliki sebagai berikut:

· Diploma IV Teknik Tekstil
· Diploma IV Kimia Tekstil
· Diploma IV Produksi Garmen
· Magister Terapan Tekstil Apparel

2. Poltekkes Kemenkes Bandung

Kedua, sekolah kedinasan berbasis kesehatan di bawah naungan Kementerian Kesehatan. Tergolong ke dalam sekolah kedinasan non ikatan dinas dengan beberapa program studi yang dibuka yaitu:

· Kebidanan
· Keperawatan
· Promosi Kesehatan
· Farmasi
· Keperawatan Giigi
· Gizi
· Kesehatan Lingkungan

3. Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Bandung

Berada di pusat kota, IPDN Bandung merupakan Kampus kedinasan ikatan dinas yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Lulusan sekolah kedinasan IPDN memiliki peluang kerja di lingkungan birokrasi pemerintahan, khususnya yang bergerak di bawah Kemendagri.

Sangat sulit dan banyak saingan untuk mendaftar ke IPDN. Karena IPDN termasuk sekolah ikatan dinas. Sehingga biaya keseluruhan pendidikan sudah disiapkan oleh pemerintah. Lulusannya pun bisa langsung bekerja dan ditempatkan di Lembaga pemerintah langsung.

Sehingga tak heran jika seluruh siswa di Indonesia berlomba mendapat jatah kursi pendidikan di IPDN. Adapun beberapa Fakultas yang disiapkan di antaranya :

· Politik Pemerintahan
· Manajemen Pemerintahan
· Perlindungan Masyarakat

4. Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos)

Sekolah kedinasan keempat adalah Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) adalah referensi pertama untuk perguruan tinggi kedinasan yang ada di Bandung. Perguruan tinggi ini memiliki reputasi yang baik dari segala program Studi.

STKS Bandung merupakan sekolah kedinasan non ikatan dinas di bawah Kementerian Sosial RI yang menyelenggarakan program studi sebagai berikut :

· Pekerjaan Sosial
· Rehabilitas Sosial
· Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial
· Magister Pekerjaan Sosial

5. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB)

Sekolah kedinasan keempat adalah STPB. Berdasarkan laman STP Bandung, STPB dahulu dikenal dengan nama NHI yang berada dibawah naungan dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Terdapat sepuluh program studi, di antaranya Diploma III, Diploma IV dan Pascasarjana di antaranya:

· Perhotelan
· Kepariwisataan
· Perjalanan
· Pascasarjana Magister Pariwisata
· Manajemen Divisi Kamar
· Manajemen Tata Hidangan
· Manajemen Tata Boga
· Manajemen Tata Boga Kelas Internasional
· Manajemen Patiseri
· Manajemen Destinasi Pariwisata

6. Politeknik STIA LAN Bandung

Sekolah kedinasan keenam merupakan salah satu perguruan kedinasan di bawah naungan Lembaga Administrasi Negara. Adapun beberapa jurusan yang dibuka di STIA LAN Bandung meliputi:

· Sarjana Terapan Administrasi Negara (APN)
· Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur (MSDMA)
· Administrasi Bisnis Sektor Publik (ABSP)

(MG: Shinta Sofariah)
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0877 seconds (0.1#10.140)