Buka Expo LP Ma'arif, Waketum PBNU Optimistis Masa Depan Pendidikan NU Cerah

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 22:26 WIB
loading...
Buka Expo LP Maarif, Waketum PBNU Optimistis Masa Depan Pendidikan NU Cerah
Wakil Ketua Umum PBNU Prof Nizar Ali membuka secara resmi Pameran Pendidikan (Expo) dalam Rakernas LP Maarif NU PBNU. Foto/Dok/LP Maarif NU
A A A
MALANG - Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU ) Prof Nizar Ali membuka secara resmi Pameran Pendidikan (Expo) dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU PBNU.

Kegiatan ini digelar di halaman depan Universitas Islam Malang ( Unisma ), Jalan MT Haryono, Malang, Jawa Timur pada Jumat (26/8/2022).

Baca juga: Mahasiswa ITB Boyong 4 Medali di Ajang Tri Gantha Akusara Swimming Championship 2022

Pembukaan itu ditandai dengan bacaan surat Al-Fatihah dan pemotongan pita oleh Waketum PBNU Prof Nizar Ali didampingi Ketua LP Ma'arif NU PBNU Prof Muhammad Ali Ramdhani, Wakil Ketua LP Ma'arif NU PBNU Prof Nyayu Khadijah, Ketua LP Ma'arif NU Jawa Timur KH Shodiq Askandar, dan Rektor Unisma Prof Maskuri.

Nizar mengaku optimistis menatap masa depan pendidikan NU setelah melihat produk-produk yang dipamerkan di stand-stand Pameran Pendidikan.

Baca juga: Keren! 4 Mahasiswa ITS Juarai Kompetisi Desain Berskala Internasional di Bali

Para guru dan siswa dari institusi pendidikan di bawah naungan Ma'arif memamerkan berbagai produk dan karya mereka, seperti alat peraga numerasi dan literasi, busana, hingga modifikasi sepeda motor dan mobil listrik.

3 Terminologi Pendidikan

Dalam kesempatan tersebut, Nizar menjelaskan, bahwa ada tiga terminologi pendidikan dalam bahasa Arab. Pertama, ta'lim yang berorientasi pada transfer pengetahuan. Kedua, tarbiyah yang lebih mengarah pada mendidik. Ketiga, ta'dib yang orientasinya pada pembentukan karakter.

Oleh karenanya, ia tegas menyatakan bahwa Rakernas LP Ma'arif NU adalah bagian dari upaya untuk membentuk peradaban. Hal ini sebagaimana yang diangkat dalam tema Rakernas LP Ma'arif, yaitu Membangun Pendidikan Unggul untuk Peradaban Dunia yang Berkelanjutan".
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2737 seconds (10.177#12.26)