Gelar Pameran Pendidikan, Prof Ramdhani Tegaskan Kontribusi LP Ma'arif untuk Kemajuan Bangsa

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 23:27 WIB
loading...
Gelar Pameran Pendidikan, Prof Ramdhani Tegaskan Kontribusi LP Maarif untuk Kemajuan Bangsa
Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Maarif NU PBNU Prof Muhammad Ali Ramdhani. Foto/Dok/LP Maarif PBNU
A A A
JAKARTA - Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Pameran (Expo) Pendidikan dalam rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Universitas Islam Malang (Unisma), Jalan MT Haryono, Malang, Jawa Timur, Jumat (26/8/2022).

Dalam sambutannya, Ketua LP Ma'arif PBNU Prof Muhammad Ali Ramdhani menegaskan bahwa Pameran Pendidikan menunjukkan kontribusi nyata LP Ma'arif NU terhadap kemajuan pendidikan Indonesia.



"Sesungguhnya kita ingin menunjukkan pada khalayak, bahwa apa yang kita lakukan juga memberikan kontribusi bagi peradaban melalui artefak-artefak yang nyata," katanya.

Dhani, sapaan akrabnya, menyebut mobil tenaga surya karya SMK NU Wates, Kulonprogo, Yogyakarta. Ia juga menyebut buku-buku sebagai karya LP Ma'arif Jawa Barat dan Jawa Tenga. Hal itu merupakan artefak nyata (tangible) hasil karya siswa LP Ma'arif.

"LP Ma'arif tidak hanya menyentuh sesuatu hal yang intangible (tidak nampak), tapi juga tangible, sesuatu hal yang nampak," kata Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung itu.



Pasalnya, Dhani mengatakan bahwa pendidikan biasanya hanya menyentuh sesuatu yang tidak tampak pada mata dan tidak tersentuh indra perasa. Ia mencontohkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku sebagai produk pendidikan yang bersifat tidak tampak. Hal tersebut hanya berada pada kepala, hati, dan tangan.

Oleh karena itu, Dhani berharap bahwa kerja organisasi yang dilakukan pengurus dapat mewujudkan cita-cita besar bersama, yaitu pendidikan yang unggul untuk peradaban dunia berkelanjutan sebagaimana yang diangkat dalam tema Rakernas.

"Kita berharap khidmah pengabdian kita ini mewujudkan cita-cita besar kita dalam membangun pendidikan unggul untuk membangun peradaban dunia yang berkelanjutan," katanya.

Pameran Pendidikan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Ketua Umum PBNU Prof Nizar Ali didampingi Ketua LP Ma'arif PBNU Prof Ali Ramdhani, Anggota LP Ma'arif PBNU Prof Nyayu Khodijah, dan Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) Prof Maskuri.

Pembukaan Pameran Pendidikan Rakernas LP Ma'arif PBNU ini dimeriahkan dengan penampilan Tari Ratoeh Jaroe oleh 20 siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pondok Pesantren Jabal Nur Taman, Sidoarjo, Jawa Timur dan Fashion Show dari 8 siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) NU Banat Kudus, Jawa Tengah.

Sebagai informasi, Pameran Pendidikan ini diikuti oleh 40 stand yang diisi oleh berbagai institusi pendidikan dan LP Ma'arif dari berbagai wilayah di Indonesia.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3362 seconds (0.1#10.140)