4 Keuntungan Kuliah di STAN, Kuliah Gratis Juga Diangkat CPNS

Selasa, 30 Agustus 2022 - 11:33 WIB
loading...
4 Keuntungan Kuliah di STAN, Kuliah Gratis Juga Diangkat CPNS
4 keuntungan kuliah di PKN STAN, bisa kuliah gratis hingga diangkat menjadi CPNS. Foto/Dok/PKN STAN.
A A A
JAKARTA - Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN menjadi salah satu sekolah kedinasan favorit di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari banyak manfaat dan keunggulan jika berhasil lolos menjadi calon mahasiswa di PKN STAN.

PKN STAN merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan yang membuka program ikatan dinas untuk program studi Diploma IV.

Pada SPMB PKN STAN Prodi DV tahun ini, kampus yang berlokasi di kawasan Tangerang Selatan, Banten ini menerima 750 formasi untuk kebutuhan CPNS untuk kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga lainnya, atau pemerintah daerah.

Program studi yang dibuka pada SPMB PKN STAN Prodi DIV adalah DIV Akuntansi Sektor Publik, DV Manajemen Keuangan Negara, dan DIV Manajemen Aset Publik. Penerimaan terbuka untuk jalur reguler dan afirmasi.

Baca juga: Pengumuman Kelulusan SPMB PKN STAN 2022, Ini Link dan Syarat Daftar Ulangnya

Lalu, apa saja keunggulan bagi calon mahasiswa yang berhasil lulus seleksi dan menjalani kuliah di PKN STAN? Berikut ini SINDOnews coba merangkumnya.

1. Kuliah gratis

Lama pendidikan untuk program studi DIV adalah delapan semester. Selama menjalani kuliah, mahasiswa tidak dikenakan biaya selama mengikuti kegiatan akademik.

Akan tetapi, mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada setiap akhir semester akan dikeluarkan dari program pendidikan PKN STAN.

2. Asrama

Bagi yang lolos SPMB PKN STAN 2022, pendidikan untuk program studi DIV akan dimulai akhir September 2022. Penyelenggaraan pendidikan akan diasramakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PKN
STAN.

Asrama ini hanya untuk mahasiswa DIV untuk tahun pertamanya saja agar mahasiswa bisa fokus pada studinya. Sedang untuk tahun akademik selanjutnya, mahasiswa bisa cari kos atau akomodasi lain.

Baca juga: Keren, Aplikasi Geothermal Ciptaan Mahasiswa Universitas Pertamina Ungguli Kampus Global

3. Lulus jadi CPNS

Ini adalah alasan kenapa banyak masyarakat ingin menjadi bagian PKN STAN. Dengan diangkat menjadi CPNS sudah ada jaminan masa depan sehingga tidak perlu bingung dan capek mencari pekerjaan.

Lulusan Prodi Diploma IV dapat diangkat menjadi calon aparatur negara. Namun jika calon mahasiswa terbukti melakukan kecurangan atau memberi keterangan yang tidak benar di kemudian hari maka statusnya sebagai Aparatur Sipil Negara dapat dicabut kembali.

4. Bisa bekerja di Kementerian Keuangan

Lulusan Program Studi Diploma IV dapat diangkat menjadi CPNS di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi/kebutuhan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

Penempatan mahasiswa yang dinyatakan lulus pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun 2022 pada Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah akan dilakukan setelah mahasiswa menyelesaikan pendidikan.

Demikian tadi empat keunggulan kuliah di PKN STAN sebagai informasi bagi kalian yang ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi. Semoga bermanfaat ya.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3209 seconds (10.177#12.26)