Nadiem: RUU Sisdiknas Kebijakan Paling Berdampak Positif Agar Guru Sejahtera

Selasa, 30 Agustus 2022 - 17:40 WIB
loading...
Nadiem: RUU Sisdiknas Kebijakan Paling Berdampak Positif Agar Guru Sejahtera
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. Foto/Dok/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - RUU Sisdiknas tengah menjadi sorotan di dunia pendidikan . Namun Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan RUU Sisdiknas merupakan kebijakan yang paling berdampak positif untuk kesejahteraan guru.

"Menurut kami belum pernah ada RUU yang benar-benar punya dampak lebih holistik dan terintegrasi terhadap peningkatan kesejahteraan guru," terang Nadiem saat Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi X DPR RI, Selasa (30/8/2022).

Baca juga: Tak Bisa Hadiri Raker DPR, Nadiem Positif Covid-19

Nadiem menuturkan, para guru perlu menyadari isu yang ingin didorong dalam RUU tersebut. Salah satunya peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik. Melalui RUU Sisdiknas, ia merasa masalah kesejahteraan dapat selesai secara cepat.

Rekam jejak pemerintah dalam bidang kesejahteraan guru, kata Nadiem, perlu diingat. Ia mengatakan, pemerintah tengah berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan guru selama tiga tahun terakhir.

Baca juga: 5 Poin Penting RUU Sisdiknas, Ada Wajib Belajar 13 Tahun

"Jadi saya hanya ingin mengingatkan sekali lagi, mungkin kalau masih ada yang mempertanyakan atau punya pertanyaan atau kecemasan mengenai posisi pemerintah dalam kesejahteraan, kami yang memperjuangkan bahwa dana BOS bisa secara bebas dan fleksibel digunakan untuk pembiayaan guru honorer pada masa waktu pandemi, dan fleksibilitas itu terus kami lanjutkan sampai sekarang," terang Nadiem.

Selain itu, sambung Nadiem, pemerjntah juga memperjuangkan bantuan subsidi upah (BSU) pada guru saat pandemi Covid-19. Di sisi lain, pemerintah telah mencetak sekitar 300 ribu guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Track record dari pemerintah sangat jelas. Hanya satu arah kesejahteraan guru, yaitu meningkat. Dan telah selama tiga tahun terakhir saya harap track record itu tidak dipertanyakan di sisi mana kami ada. Selalu di belakangnya guru," tegas Nadiem.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1451 seconds (11.210#12.26)