Siswa, Siapkan Diri Ikut ANBK dengan 4 Strategi Ini

Sabtu, 03 September 2022 - 11:35 WIB
loading...
Siswa, Siapkan Diri Ikut ANBK dengan 4 Strategi Ini
4 strategi yang bisa siswa lakukan untuk ikut ANBK. Foto/Zenius.
A A A
JAKARTA - Sejak beberapa tahun terakhir, Ujian Nasional sebagai penentu kelulusan sekolah telah diganti menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ). Pada dasarnya, ANBK mengukur tiga instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Secara garis besar, ANBK merupakan sebuah evaluasi untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dari satu pendidikan tingkat dasar hingga atas. Lebih lanjut, ANBK mengukur tiga instrumen yaitu:

Baca juga: Kemendikbudristek Beri Santunan kepada Keluarga Siswa Korban Kecelakaan Bekasi

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Instrumen pertama dalam ANBK adalah Asesmen Kompetensi Minimum yang ditujukan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika murid. Literasi membaca diartikan sebagai kemampuan murid untuk memahami dan menguasai berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah. Sementara literasi matematika adalah kemampuan berpikir murid dengan menggunakan perhitungan dalam menyelesaikan suatu soal masalah.

2. Survei Karakter

Dalam instrumen ini, murid akan diukur melalui enam karakter profil pelajar pancasila, yaitu:
• Berakhlak mulia
• Berkebinekaan global
• Bergotong royong
• Mandiri
• Bernalar kritis
• Kreatif

3. Survei Lingkungan Belajar

Sementara instrumen terakhir adalah Survei Lingkungan Belajar, yang dikerjakan oleh seluruh instrumen sekolah seperti murid, guru, dan kepala sekolah.

Lantas, apa saja yang perlu kamu persiapkan dalam menghadapi ANBK yang akan digelar pada awal September mendatang? Berikut 4 hal yang dapat kamu lakukan, menurut platform edukasi berbasis teknologi, Zenius.

Baca juga: Kisah Muhammad Ilyas, Siswa MAN IC Serpong Peraih UTBK 2022 dengan Nilai Sempurna

1. Pastikan Kamu telah Mengetahui Komposisi Susunan Soal dan Durasi Ujian

Langkah pertama untuk persiapan ANBK, pastikan kamu telah mencari tahu tentang susunan komposisi soal dan durasi waktu ujian. Dengan mengetahui kedua hal ini, kamu dapat membuat time table management untuk eksekusi secara maksimal

2. Berlatih Soal Sejak Jauh Hari

Untuk mempersiapkan diri menjelang ANBK, berlatih soal melalui aplikasi daring juga perlu dilakukan.

3. Jawab Soal dengan Benar Sebanyak-banyaknya

Jika kamu sudah menjalankan “simulasi” dengan berlatih soal sebanyak-banyaknya, maka besar kemungkinan kamu lebih familiar dengan soal-soal yang disajikan saat ujian. Fokus kerjakan soal-soal yang terasa lebih mudah bagimu dan gunakan waktu yang tersisa untuk menjawab soal-soal yang lebih sulit.

4. Istirahat yang Cukup dan Percaya pada Kemampuanmu

Agar konsentrasi dan daya fokusmu dapat terjaga selama ujian, pastikan kamu beristirahat dengan cukup. Jangan terlalu memaksakan kondisimu saat persiapan, karena justru dengan memiliki jam istirahat yang cukup, kondisi fisik dan daya fokusmu dapat terjaga maksimal di hari ujian.

Demikian strategi yang bisa kamu persiapkan jelang ANBK yang sudah di depan mata. Semangat bagi seluruh siswa yang akan menjalaninya, mari tetap optimis dan berharap semoga hasil ANBK tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)