5 Universitas yang Menyediakan Program Kedokteran Forensik, Tertarik Mencobanya?

Minggu, 04 September 2022 - 13:41 WIB
loading...
5 Universitas yang Menyediakan Program Kedokteran Forensik, Tertarik Mencobanya?
Dokter spesialis forensik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dokter spesialis forensik adalah dokter spesialis yang memiliki kemampuan mengelola barang bukti medis berupa benda-benda biologis manusia yang hidup maupun yang sudah meninggal dunia untuk dijadikan alat bukti hukum, juga termasuk melacak bagian tubuh untuk kepentingan identifikasi.



Dokter forensik bisanya bekerja sama dengan polisi untuk mengungkap sebuah tindak pidana. Di Indonesia sendiri, ada beberapa kampus yang menyediakan program kedokteran forensik.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM), yang merupakan salah satu Top 3 kampus terbaik di Indonesia, menyediakan program kedokteran forensik.

Program studi Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal tergabung dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM.

Program studi ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal melaksanakan misinya dengan memegang teguh nilai dasar Pancasila serta nilai-nilai kejujuran, keadilan, keterbukaan, dan kebersamaan.

Saat ini UGM memiliki 180 alumni Kedokteran Spesialis Forensik dan Medikolegal yang berada di seluruh wilayah Indonesia.

2. Universitas Islam Indonesia (UII)

Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal di Universitas Islam Indonesia (UII) berada di bawah struktur jurusan kedokteran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)