Rumus Kimia Air Murni Serta Penemu Komposisi H2O, Cek Faktanya!

Minggu, 04 September 2022 - 16:12 WIB
loading...
Rumus Kimia Air Murni Serta Penemu Komposisi H2O, Cek Faktanya!
Laboratorium. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mengenal rumus kimia air murni serta penemu komposisi H2O. Air merupakan senyawa yang sangat penting untuk semua makhluk hidup di Bumi. Keberadaannya sendiri, menutupi hampir 71 persen permukaan planet ini.

Sebagaimana dijelaskan dalam buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan, air memiliki peran penting dalam proses pembentukan sel yang merupakan satuan organisme terkecil makhluk hidup.



Mengenal rumus kimia air murni serta penemu komposisi H2O ini berasal dari kemajuan perkembangan ilmu sains modern saat ini. Dalam penemuannya, menyebutkan bahwa dasar sebuah sel atau sitoplasma, 80 persen terdiri dari air.

Rumus kimia dari air adalah H2O yang setiap molekulnya mengandung 1 oksigen dan 2 atom hidrogen yang dihubungkan oleh ikatan kovalen.

Dalam kimia, air atau air murni sebagai senyawa yang merupakan gabungan dari unsur hidrogen dan unsur oksigen. Air juga diketahui memiliki rumus kimia.



Peneliti modern mengungkapkan 50–90 persen dari tubuh organisme terdiri dari air. Sebab di dalam tubuh tidak akan terjadi reaksi kimiawi jika tanpa air.

Air juga memiliki peran utama bagi organ-organ tubuh agar bekerja sesuai fungsinya. Ini hanya beberapa contoh dari banyak fakta mengenai fungsi air yang sangat vital bagi kehidupan.

Mengenal rumus kimia air murni serta penemu komposisi H2O ini tersusun dari dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen. Ikatan kovalen sendiri adalah salah satu jenis ikatan kimia yang memiliki karakteristik berupa pasangan elektron yang saling terbagi di antara atom-atom yang berikatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)