DPR Ingatkan Efek Domino dari Transformasi Seleksi Masuk PTN

Jum'at, 09 September 2022 - 13:59 WIB
loading...
DPR Ingatkan Efek Domino dari Transformasi Seleksi Masuk PTN
Kemendikbudristek juga perlu memperhatikan efek domino dari transformasi seleksi masuk PTN. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian meminta pemerintah memastikan transformasi Seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berpihak kepada semua kalangan. Termasuk keberpihakan kepada para siswa dari kelas ekonomi tidak mampu.

“Saya mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kemendikbudristek RI untuk melakukan transformasi Seleksi Masuk PTN," ujar Hetifah, Jumat (9/9/2022).

Baca juga: Ini 5 Tips Sukses Masuk PTN Berdasarkan Prestasi dari Kemendikbudristek

Ia menyebutkan sudah selayaknya seleksi masuk PTN dibuat inklusif, holistik, dan transparan dengan mengedepankan kemudahan dan penalaran berpikir peserta didik.

"Ini dibuktikan dengan penyederhanaan tes SBMPTN dan kewajiban transparansi perguruan tinggi untuk seleksi jalur mandiri," kata Hetifah.

Politikus Golkar ini meyakini keputusan itu akan berdampak besar bagi peserta didik terutama dari kalangan kurang mampu.

"Setidaknya kepercayaan diri peserta didik kurang mampu akan meningkat dan mereka akan mampu bersaing dengan peserta didik lainnya yang berasal dari berbagai latar belakang," tutur Hetifah.

Hetifah juga mengingatkan Kemendikbudristek terkait efek domino dari transformasi ini.

Baca juga: Unesa Bersiap Sambut Perubahan Seleksi Masuk PTN

"Harus dipikirkan dampak lanjutan dan peraturan-peraturan turunan bukan hanya untuk SMA/SMK tetapi juga kepada Perguruan Tinggi dan Lembaga Penyelenggara Tes Masuk Perguruan Tinggi," kata Hetifah.

Selain itu Hetifah mengingatkan jangan sampai transformasi seleksi masuk PTN yang baru diterapkan tersebut malah menurunkan standar masuk PTN dan memunculkan potensi permainan nilai dari pihak sekolah untuk mendongkrak nilai rapor.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI Nadiem Makarim baru saja meluncurkan Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi dalam kegiatan Merdeka Belajar Episode Kedua Puluh Dua yang diselenggarakan secara daring pada Rabu (7/9/2022) lalu.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)