Luar Biasa! Siswa-siswi Jabar Sukses Raih Juara Umum O2SN Tingkat Nasional

Jum'at, 09 September 2022 - 22:25 WIB
loading...
Luar Biasa! Siswa-siswi Jabar Sukses Raih Juara Umum O2SN Tingkat Nasional
Siswa dan siswi asal Jawa Barat sukses meraih juara umum O2SN Tingkat Nasional 2022. Foto/Dok/O2SN
A A A
BANDUNG - Jawa Barat sukses menorehkan prestasi sebagai Juara Umum Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Nasional 2022. Prestasi membanggakan ini berhasil diraih setelah penantian panjang selama 7 tahun.

Jabar meraih titel Juara Umum O2SN Tingkat Nasional 2022 pada jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB serta SDLB/SMPLB yang digelar secara hybrid sejak 4-9 September 2022.



Dalam gelaran O2SN 2022 ini, siswa dan siswi Jabar sukses mendulang 9 medali emas, 4 medali perak, dan 5 perunggu. Capaian prestasi tersebut menjadikan Jabar finish di posisi pertama pada tabel juara umum diikuti oleh Jawa Timur di urutan dua, dan DKI Jakarta di urutan tiga.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Dedi Supandi mengatakan, hasil gemilang sebagai juara umum O2SN 2022 membuktikan bahwa Jabar tidak hanya jago kandang mengingat pada 2016 lalu, Jabar sebagai tuan rumah sukses menorehkan prestasi yang sama.

"Alhamdulillah, setelah cukup lama, 7 tahun kita menantikan prestasi ini dan ternyata siswa dan siswi Jabar tidak hanya jago kandang. Di era Gubernur Ridwan Kamil, akhirnya Jawa Barat kembali keluar sebagai juara umum di O2SN," tegas Dedi Supandi di Bandung, Jumat (9/9/2022).



Dedi pun mengapresiasi delegasi Jabar yang atas sumbangan prestasinya di hajat olahraga bergengsi antarsiswa di Indonesia tersebut.

Menurutnya, keberhasilan yang diraih siswa siswi Jabar pada O2SN 2022 menunjukan bahwa visi Jabar Juara Lahir Batin dapat direalisasikan oleh siswa dan siswi di bidang olahraga.

Sesuai tema 02SN 2022, yakni "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Berprestasi Lebih Hebat", maka kesuksesan yang diraih oleh atlet asal Jabar tidak hanya sekadar harus dipertahankan.

Dedi menekankan, prestasi yang telah diraih harus terus dikembangkan lantaran mereka akan menjadi delegasi Indonesia untuk mentas di gelaran skala internasional suatu saat nanti.

"Ke depan, saya sangat berharap terus bermunculan generasi unggul dari Jabar di bidang olahraga, yang tidak hanya mengharumkan nama kota ataupun provinsi. Namun, semangat ini harus tetap dijaga agar mereka kembali menunjukan prestasi, bahkan di event-event internasional," papar Dedi.

Diketahui, gelaran O2SN 2022 mempertandingkan 9 cabang olah raga, yaitu pencak silat dan karate untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah (Dikdasmen), tolak peluru, bocce, tenis meja, bulu tangkis, basket, balap kursi roda, serta lompat jauh tanpa awalan untuk jenjang pendidikan khusus (Diksus).

Adapun total medali yang diperebutkan dalam O2SN 2022 berjumlah 84 medali dengan rincian 24 medali emas, 24 medali perak, dan 36 medali perunggu.

Tak lupa, Dedi pun menyampaikan terima kasih kepada kontingen Jabar, baik atlet, pelatih, maupun pendamping yang telah bekerja keras mulai dari tahap seleksi hingga penyisihan di kabupaten dan kota.

"Siswa dan siswi Jabar yang telah mendapatkan medali di 02SN semoga dapat terus mengembangkan bakatnya. Bagi yang belum berhasil meraih medali, jangan kendur semangatnya karena jalan masih panjang. Kesuksesan dapat diraih jika terus mengasah kemampuan," katanya.

Dedi pun mengingatkan, tidak hanya soal prestasi, seluruh pelajar di Jabar harus memahami pentingnya olahraga untuk kesehatan. Tubuh yang sehat, kata Dedi, menjadi benteng dari berbagai permasalahan kesehatan yang saat ini tengah dihadapi, seperti Covid-19 maupun penyakit lainnya.

"Dengan tubuh yang sehat, siswa dan siswi dapat tetap produktif dan terhindar dari ancaman penyakit," katanya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)