Kevin Jadi Wisudawan Terbaik FKUI dengan Segudang Prestasi, Ini Sosoknya

Selasa, 13 September 2022 - 18:36 WIB
loading...
Kevin Jadi Wisudawan Terbaik FKUI dengan Segudang Prestasi, Ini Sosoknya
Muhammad Kevin Ardian merupakan wisudawan UI yang meraih IPK tertinggi 3.82. Foto/Tangkap layar laman UI.
A A A
JAKARTA - Muhammad Kevin Ardian merupakan wisudawan Universitas Indonesia (UI) dengan peraih IPK tertinggi 3.82. Dia termasuk di antara lima wisudawan yang berpredikat cumlaude Program Sarjana, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Kevin berhasil lulus pada Wisuda UI 2021/2022 yang dilaksanakan di Balairung UI, Sabtu (10/9/2022). Selain menjadi wisudawan dengan peraih IPK tertinggi, Kevin juga memiliki sederet prestasi selama menjadi mahasiswa FKUI, di antaranya 3rd Place National Essay Competition Mulawarman Medical Fair 2020 (Scientific Essay Branch), Finalist of Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) FKUI 2021 (Activist Category), dan The Most Sciencetific University in AMSA-Indonesia Awards 2022 (AMSA-UI).

Baca juga: 4 Dosen Termuda di Dunia, Raih Predikat Profesor di Usia Belia

Kevin mengatakan, salah satu kunci menjadi mahasiswa berprestasi dan menjadi wisudawan terbaik adalah selalu berusaha untuk mengerjakan sesuatu dengan semaksimal mungkin dan memiliki target dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Ia menambahkan, kunci penting yang harus dimiliki adalah konsisten dalam melakukan sesuatu hal secara maksimal.

Lebih lanjut Kevin menyampaikan, salah satu tantangan menjadi mahasiswa berprestasi adalah tentang menerima penolakan dan cara agar dapat bangkit kembali. Hal ini seperti cerita yang ia bagikan, Kevin mengatakan, “Saat awal mendaftar menjadi Asian Medical Students’ Association Universitas Indonesia (AMSA-UI), saya mengalami eliminasi sebagai calon anggota. Namun, dengan tekad yang kuat saya mencoba untuk mengajukan banding dan menunjukkan bahwa saya memiliki kapabilitas untuk menjadi anggota. Saya membuktikan selama tiga tahun masa pengurusannya AMSA-UI dengan mendapatkan ‘The Most Scientific University’ secara berturut-turut,” ujarnya, dikutip dari laman UI, Selasa (13/9/2022).

Baca juga: Riwayat Pendidikan Emil Dardak, Wagub Jatim yang Juga Bergelar Doktor Termuda

Sebagai Vice Manager of Academic Divisions, Manager of Academic Division, dan Advisory Board AMSA-UI, Kevin juga mendapatkan kesempatan untuk mewakili AMSA-UI maupun Indonesia di ajang nasional ataupun internasional seperti Asian Medical Students’ Conference di London, UK (2021) dan berhasil meraih juara 1 dalam kompetisi Scientific Poster yang dihadiri paritisipan dari 40 negara. Selain itu, Kevin juga mengikuti kegiatan magang di rumah sakit pendidikan di Singapura (2019), Belanda (2021), dan Thailand (2022).

Bagi Kevin, motivasi terbesar dalam mendapatkan capaian yang sudah diraihnya ini adalah dukungan dari orang tua dan adiknya. Selain keluarga, dosen memiliki peran besar bagi Kevin, karena ilmu yang didapatkan dari buku akan sulit diaplikasikan tanpa ilmu penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang telah diberikan oleh para dosen selama menempuh pendidikan hingga saat ini.

Kevin berharap, dirinya tetap dapat konsisten belajar dalam mencapai sesuatu yang diinginkan, tetap amanah dalam menjalankan tugas yang diberikan, tetap jujur untuk melakukan suatu kegiatan, dan menjadi orang yang berguna bagi Indonesia dan dunia.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2108 seconds (11.252#12.26)