FSRD IKJ Gelar Pameran Karya Tugas Akhir Mahasiswa secara Luring

Sabtu, 17 September 2022 - 14:27 WIB
loading...
FSRD IKJ Gelar Pameran Karya Tugas Akhir Mahasiswa secara Luring
Pameran tugas akhir mahasiswa FRSD IKJ digelar di Galeri Cipta I TIM hingga 30 September 2022. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta (FSRD IKJ) menggelar Pameran SDS/SSN di Galeri Cipta I, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. Pameran untuk mengapresiasi karya tugas akhir mahasiswa ini digelar hingga 30 September 2022.

Apresiasi karya Tugas Akhir mahasiswa dari lima program studi FSRD ini terdiri dari Desain Interior, Desain Produk Mode dan Busana, Seni Murni, Kriya, dan Desain Komunikasi Visual yang terbagi dalam 3 peminatan, yaitu: Desain Grafis, Ilustrasi, dan Multimedia. Pameran digelar setelah 2 tahun vakum di masa pandemi.

Baca juga: Guru Besar FTUI Terpilih Jadi Ketua Umum Asosiasi Dosen Indonesia

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IKJ Yudi Amboro menjelaskan, pihaknya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempunyai pengalaman memamerkan sebuah karya dalam suatu pameran yang bisa dilihat oleh publik.

"Mereka bisa merasakan bagaimana masyarakat mengapresiasi karya mereka. Saya selalu bilang, kritik paling berarti itu kalau karyanya sudah dilempar ke masyarakat," katanya usai membuka pameran, Jumat (17/9/2022).

Yudi menambahkan, mahasiswa FSRD IKJ harus bangga bisa berkesempatan melakukan pameran di TIM. Hal ini karena TIM menjadi fasilitas pusat kesenian dan kebudayaan yang tidak hanya terbesar skala nasional namun juga internasional.

Dekan FSRD IKJ Anindyo Widito menjelaskan, pameran tugas akhir yang digelar secara langsung ini memiliki arti penting bagi mahasiswa. "Ini menjadi pembuktian dan tanggung jawab anda kepada diri sendiri, orang tua dan juga fakultas. Biarkan masyarakat nanti yang menilai," ujarnya.

Baca juga: Guru Besar Antropologi Budaya Prof. I Nengah Duija Resmi Jabat Dirjen Bimas Hindu

Pentingnya pameran ini, katanya, juga untuk mempertegas posisi IKJ sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari TIM. Sehingga pameran yang bisa digelar di TIM ini tidak hanya yang komersial atau besar saja melainkan yang masih amatir seperti mahasiswa juga punya kesempatan berpameran di TIM.

Koordinator Pameran Ehwan Kurniawan menjelaskan, beragam tema dan isu ditampilkan dari karya tugas akhir tersebut yang dominan mengangkat tema urban. Varian dimensi ditampilkan dalam pameran karya SDS/SSN, dari lukisan, grafis, instalasi, maket 3 dimensi, kerajinan kayu, poster, buku, multimedia, website, aplikasi, motion grafis, dan animasi.

"Diharapkan dengan pameran ini bisa terjalin silaturahmi dengan publik, pengguna lulusan, alumni, profesional, sehingga terjalin jaringan networking antara akademik dengan industri, komunitas, media, galeri, museum, dan lembaga seni budaya, serta pemerintah," pungkasnya.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1361 seconds (10.177#12.26)