Prof Azyumardi Azra Wafat, Rektor UIN Jakarta: Pendorong Transformasi PTKIN Berpulang

Minggu, 18 September 2022 - 19:16 WIB
loading...
Prof Azyumardi Azra Wafat, Rektor UIN Jakarta: Pendorong Transformasi PTKIN Berpulang
Prof Dr Azyumardi Azra, CBE, Cendekiawan Muslim Bergelar Sir Pertama di Indonesia meninggal dunia, Minggu (18/9/2022). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Islam Negeri ( UIN ) Syarif Hidayatullah Jakarta kembali berduka. Guru Besar sekaligus Rektor UIN Jakarta periode 1998-2006 Prof. Dr. Azyumardi Azra M.Phil., MA., CBE., meninggal di Malaysia, Minggu (18/9/2022).

Almarhum meninggal setelah dirawat para dokter RS Serdang Malaysia pasca dinyatakan sakit dalam perjalanannya memenuhi undangan Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM).

Baca juga: Azyumardi Azra, Cendekiawan Muslim Bergelar Sir Pertama di Indonesia dari Kerajaan Inggris

Informasi meninggalnya Profesor Azra langsung beredar luas di kalangan sivitas akademi UIN Jakarta beberapa saat setelah meninggal. Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis sendiri secara khusus menyampaikan meninggalnya almarhum.

“Innalillahi wainnaa ilaihi rojiun. Telah berpulang ke Rakhmatullah, guru kita semua Prof. Dr. Azyumardi Azra pada hari ini, Minggu (18/9). Semoga Allah SWT menempatkan beliau di tempat terbaik di sisi-Nya,” ucapnya dalam keterangan pers, Minggu (18/9/2022).

“Kepada keluarga almarhum Profesor Azyumardi Azra, kami mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya. Semoga almarhum direlakan kepergiannya, mendapatkan ampunan atas salah dan khilafnya, dan semoga almarhum di tempatkan di surga-Nya. Saya bersaksi Profesor Azra adalah orang yang sangat baik, khoir, khoir, khoir wa min ahlil jannah,” tambahnya.

Baca juga: Profil Azyumardi Azra, Cendekiawan Muslim yang Didaulat Pimpin Dewan Pers

Dari informasi yang berhasil dihimpun, sebelumnya Profesor Azyumardi dinyatakan sakit dalam penerbangannya menuju Malaysia pada Jumat, 16 September 2022.

Diketahui, almarhum terbang menuju Malaysia untuk menjadi narasumber konferensi internasional Persidangan Antarbangsa “Kosmopolitan Islam” yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada esok harinya, Sabtu, 17 September 2022.

Tidak lama setelah mengeluhkan sakit, Kedutaan Besar RI di Malaysia dan tim panitia kegiatan yang mengundang segera merujuk almarhum untuk dirawat di RS Serdang Malaysia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0995 seconds (10.55#12.26)