Prof Azyumardi Azra Wafat, Rektor UIN Jakarta: Pendorong Transformasi PTKIN Berpulang

Minggu, 18 September 2022 - 19:16 WIB
loading...
A A A
Oleh para tenaga medis rumah sakit setempat, almarhum segera diberikan tindakan medis terbaik. Namun, Minggu (18/9/2022), almarhum menghembuskan nafas untuk terakhir kalinyanya.

Wafatnya almarhum menyisakan duka mendalam seluruh sivitas akademi UIN Jakarta. Ketua Senat UIN Jakarta Prof. Dr. Dede Rosyada MA juga menyatakan duka citanya atas wafatnya almarhum Profesor Azra.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Mudah-mudahan almarhum Profesor Azra diterima di tempat terbaik di sisi Allah SWT,” ucapnya.

Rektor Amany menambahkan, wafatnya Profesor Azra merupakan kehilangan besar bagi sivitas akademik UIN Jakarta. Sepanjang masa kepemimpinannya sebagai Rektor UIN Jakarta, ia telah memimpin pengembangan universitas dengan ide-ide konstruktif dan penuh dedikasi.

Sebagai seorang guru, tambahnya, Profesor Azra juga merupakan sosok guru yang bijak, pendidik yang amanah, serta lebih banyak mengedepankan kemajuan ilmu pengetahuan. Ia juga memberikan teladan sangat positif bagi para akademisi untuk berpegang teguh pada rasionalitas dalam nuansa spiritual yang kental.

“Untuk itu, kami di UIN Jakarta merasa sangat kehilangan atas wafatnya Profesor Azyumardi Azra” tandasnya.

Pendorong Transformasi PTKIN

Sepanjang hidupnya, jelas Rektor Amany, Profesor Azra telah menorehkan banyak karya penting yang perlu diteladani. Salah satunya, almarhum melakukan perubahan penting dalam mendorong kemajuan kualitas pendidikan yang ditawarkan perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri (PTKIN) sehingga bisa lebih kompetitif dan memberikan peluang luas bagi lulusan madrasah, pesantren, maupun sekolah lainnya dalam meraih cita-cita mereka.

Perubahan dimaksud adalah mendorong transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Di masa kepemimpinannya sebagai Rektor, IAIN Jakarta berhasil beralih status menjadi UIN Jakarta dengan terbitnya Keputusan Presiden RI No. 031 Tanggal 20 Mei 2002 sekaligus menempatkan UIN Jakarta sebagai PTKIN berstatus UIN pertama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2704 seconds (0.1#10.140)