Tim Spektronics ITS Sabet Juara 1 di Ajang Chem-E-Car Internasional di Jerman

Rabu, 21 September 2022 - 08:58 WIB
loading...
Tim Spektronics ITS Sabet Juara 1 di Ajang Chem-E-Car Internasional di Jerman
Tim Spectronics ITS menduduki prodium di posisi pertama pada ajang Chem-E-Car Internasional di Jerman. Foto/DOk/Humas ITS
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) menorehkan prestasi membanggakan di skala internasional melalui bidang riset dan inovasi.

Setelah tahun lalu berhasil meraih juara II, kali ini tim Spectronics ITS menduduki prodium di posisi pertama pada ajang Chem-E-Car Internasional .

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Mudah Cari Kerja, Banyak Diburu Calon Mahasiswa

Kompetisi internasional yang bertajuk VDI ChemCar Competition 2022 ini diselenggarakan oleh kjVI VDI Germany secara luring di Aachen, Jerman.

Anggota tim Spektronics ITS Silma Elvaretta Aska yang turut hadir langsung di kompetisi mengungkapkan bahwa inovasi yang dibawa tim Spektronics ITS pada tahun ini merupakan inovasi terbaru dengan beberapa pengembangan dari inovasi kompetisi sebelumnya.

Mobil purwarupa yang diusung oleh tim dalam kompetisi bergengsi ini adalah Spektronics 22.

Baca juga: Gaet Asia University Taiwan, Fakultas Psikologi UMM Buka Program Joint Degree

Cara kerja purwarupa mobil Spektronics 22 ini memanfaatkan reaksi hidrogen peroksida dengan katalis ferri klorida, sehingga menghasilkan air dan oksigen yang bertekanan dan dalam jumlah yang besar.

Kemudian, air dan oksigen tersebut akan mengalir dan memutar turbin untuk membuat mobil dapat bergerak maju. “Inovasi kami juga terdapat pada komponen purwarupa mobil tersebut,” terang Silma seperti dilansir dari laman resmi ITS, Rabu (21/9/2022).

Keunggulan purwarupa mobil ini, lanjut Silma, terletak pada lima fitur unik. Antara lain adalah 3D Printed Pelton Turbine, 1:2 Ratio Timing Pulley, Solenoid Valve, Electrical Delayer Circuit, dan Alumunium Hollow.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1011 seconds (10.55#12.26)