Rumus Luas Persegi Panjang Beserta Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Rabu, 21 September 2022 - 12:44 WIB
loading...
Rumus Luas Persegi Panjang Beserta Cara Menghitung dan Contoh Soalnya
Rumus luas persegi panjang merupakan salah satu materi dasar pembelajaran matematika di bangku sekolah. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Rumus luas persegi panjang merupakan salah satu materi dasar pembelajaran matematika di bangku sekolah . Meski tampak sederhana, namun jenis rumus ini cukup penting untuk diketahui dan dipahami.

Dalam pengertiannya, persegi panjang adalah bangun datar yang memiliki dua pasang sisi. Adapun setiap sisi tersebut memiliki panjang yang sama alias sejajar. Selain itu, persegi panjang juga diketahui sebagai turunan dari bangun datar segi empat.

Baca juga : Rumus Keliling Persegi Panjang, Lengkap dengan Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Dilansir dari laman Cuemath, cukup banyak berbagai benda yang memiliki bentuk persegi panjang. Dengan menggunakan rumus luas persegi panjang, Anda bisa menemukan ukuran luas atau ruang yang ditempati benda-benda tersebut.

A. Rumus Luas Persegi Panjang

Pada bangun ruang persegi panjang, terdapat dua bagian yang tidak terpisahkan, yakni Panjang dan Lebar. Dengan memahami kedua hal tersebut, luas persegi panjang akan mudah untuk ditemukan.

Dalam rumus mencari luas persegi panjang, Panjang ditulis dengan huruf P, sedangkan Lebar dituliskan dengan huruf L. Rumusnya adalah sebagai berikut.

-Luas = Panjang (P) x Lebar (L)

Jadi, untuk menentukan luas dari bangun datar persegi panjang, Anda hanya perlu untuk mengalikan panjang dengan lebarnya saja. Intinya, pastikan nilai Panjang (P) dan Lebar (L) dengan benar, kemudian tinggal dikalikan saja.

Baca juga : Rumus Keliling Lingkaran, Begini Cara Menghitung dan Contoh Soalnya
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1308 seconds (10.177#12.26)