Green School Bali Masuk Nominasi 3 Besar Kompetisi Sekolah Terbaik Dunia

Jum'at, 23 September 2022 - 20:53 WIB
loading...
Green School Bali Masuk Nominasi 3 Besar Kompetisi Sekolah Terbaik Dunia
Green School Bali masuk 3 besar nominasi Sekolah Terbaik Dunia untuk Aksi Lingkungan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Green School Bali masuk nominasi tiga besar Kompetisi Sekolah Terbaik Dunia untuk Aksi Lingkungan dan berkesempatan mendapatkan hadiah senilai USD250 ribu. Green School Bali memasukkan isu lingkungan ke dalam program sekolah melalui sejumlah inisatif seperti bio bus dan toilet kompos.

Kompetisi Sekolah Terbaik Dunia merupakan sebuah perayaan seluruh sekolah di dunia atas peran penting mereka dalam mengembangkan generasi penerus dan kontribusi besar mereka kepada masyarakat, terutama pasca pandemi Covid-19.

Kompetisi ini memiliki lima kategori, yaitu Kolaborasi Masyarakat (Community Collaboration), Aksi Lingkungan (Environmental Action), Inovasi (Innovation), Mengatasi Kesulitan (Overcoming Adversity), dan Mendukung Hidup Sehat (Supporting Healthy Lives).

Baca juga: Inilah 5 Figur Publik Indonesia Lulusan SMAN 5 Bandung

Kompetisi ini dibentuk oleh T4 Education berkolaborasi dengan beberapa pihak seperti Accenture, American Express, Yayasan Hasanah, Templeton World Charity Foundation, The Lemann Foundation, D2L, Mellby Gård, dan Universidad Camilo José Cela.

Tujuan kegiatan ini, yaitu untuk berbagi praktik baik dari sekolah di seluruh dunia yang berhasil merubah kehidupan para siswa dan membuat perbedaan di masyarakat.

“Ketika dunia ingin bangkit dari kehancuran akibat pandemi Covid-19, terlalu banyak anak yang akan terus tertinggal kecuali kita melihat tindakan mendesak pada pendidikan. Para pemimpin harus belajar dari pengetahuan dan pengalaman yang ada di sekolah, karena mereka yang berada di garis depan pendidikan tahu lebih baik dari siapa pun tentang perubahan. Hal ini yang perlu kita lihat,” ujar Founder of T4 Education and the World’s Best School Prizes Vikas Pota, melalui keterangan resmi, Jumat (23/9/2022).

“Penghargaan Sekolah Terbaik Dunia memunculkan keahlian sekolah-sekolah inspirasional dari seluruh penjuru dunia. Sudah waktunya bagi pemerintah di mana pun untuk mendengarkan suara mereka,” lanjutnya.

Pada saat bersamaan, Global Sustainability Services Lead and Chief Responsibility Officer at Accenture Peter Lacy turut mengucapkan selamat kepada Green School Bali. Peter mengatakan, banyak guru di seluruh dunia akan terinspirasi oleh contoh yang diberikan oleh Green School Bali.

“Accenture bangga berkolaborasi dengan T4 Education pada Penghargaan Sekolah Terbaik Dunia untuk Aksi Lingkungan yang memberdayakan generasi masa depan dalam memanfaatkan teknologi baru dan praktik inovatif untuk mengatasi masalah keberlanjutan global yang berdampak pada kita semua,” ungkapnya.

Melalui penghargaan ini, Accenture berharap dapat mengetahui alat dan tehnik yang dikembangkan di program lingkungan yang dilakukan oleh sekolah, dan membagikannya kepada khalayak luas, serta memungkinkan orang lain untuk menduplikasi dan melipatgandakan skala percepatan dan perluasan dari dampak yang diberikan.

Baca juga: Kabar Gembira, Bantuan 2.095 Pokja Guru Madrasah Cair Oktober 2022

Head of Corporate Sustainability at American Express Madge Thomas mengatakan, American Express senang mengetahui murid dan guru yang melakukan aksi untuk melindungi lingkungan dan masa depan mereka. Hal ini sesuai dengan apa yang dilakukan American Express untuk mencari solusi permasalahan iklim, dan ke depannya akan terus mendukung program dan kerja sama untuk membangun ketahanan iklim dan masyarakat yang berkeadilan.

Tahap Selanjutnya

Tiga finalis akan masuk ke dalam tahap suara masukan masyarakat. Masyarakat memiliki waktu sampai 2 Oktober untuk memberi tahu juri siapa yang menurut mereka harus memenangkan hadiah melalui tautan worldsbestschool.org/

Akademi Penjurian, yang terdiri dari para pemimpin terkemuka di seluruh dunia termasuk akademisi, pendidik, LSM, wirausahawan sosial, pemerintah, masyarakat sipil, dan sektor swasta, akan dipresentasikan dengan hasil pemungutan suara masukan masyarakat dan akan menilai para finalis berdasarkan penilaian kriteria yang ketat.

Pemenang akan diumumkan pada 19 Oktober 2022 di acara World Education Week. Hadiah USD250 ribu akan diberikan secara merata kepada para pemenang dimana masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah sejumlah USD50 ribu.

Lima sekolah yang masuk nominasi akan berbagi best practice mereka dalam acara World Education Week. Dan melalui acara School Transformation Toolkits mereka akan menampilkan rahasia pendekatan inovatif dan petunjuk bagaimana orang lain dapat meniru metode mereka untuk membantu meningkatkan pendidikan di seluruh dunia.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4653 seconds (0.1#10.140)