Riset: 94 Persen Warga Jarang Perawatan Gigi, SATU Dental Tawarkan Kesehatan Gigi-Mulut Terjangkau

Jum'at, 23 September 2022 - 09:32 WIB
loading...
Riset: 94 Persen Warga Jarang Perawatan Gigi, SATU Dental Tawarkan Kesehatan Gigi-Mulut Terjangkau
Chief Strategy Officer SATU Dental Felix Saputra (tengah) dalam gelaran SATU Dental; Influencers & Media di Jakarta, Kamis (22/9). Foto/Dok/SATU Dental
A A A
JAKARTA - Gigi dan mulut menjadi bagian tubuh yang harus dijaga kesehatannya secara rutin dan berkala, sehingga senantiasa terjaga dan terawat. Namun, kesadaran akan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia masih rendah. Banyak masyarakat yang abai karena minimnya edukasi perawatan kesehatan gigi dan mulut.

Chief Strategy Officer Satu Dental Felix Saputra menyatakan, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, sebanyak 94,9% masyarakat perkotaan di Indonesia tidak pernah ke dokter gigi dalam setahun terakhir. Tidak hanya itu, dari 57,6% penduduk Indonesia yang mengalami masalah gigi dan mulut, hanya 10,2% yang mendapatkan pelayanan medis.

Baca juga: 100 Universitas Terbaik di Indonesia Versi UniRank 2022, Hampir 50 Persen Kampus Top dari Swasta

Menurutnya, banyak faktor kenapa orang enggan ke dokter gigi. Mulai dari anggapan bahwa sakit gigi dan mulut bisa diobati sendiri, malu karena giginya kotor dan rusak, trauma masa kecil, merasa giginya tidak bermasalah, lokasi yang jauh ke dokter gigi, mahalnya tarif dokter gigi hingga takut dengan tindakan medis dokter gigi.

"Tidak hanya tingkat kesadaran masyarakat yang masih minim, faktor biaya yang relatif mahal menjadi salah satu alasan masyarakat enggan melakukan perawatan gigi dan mulut," kata Felix Saputra dalam gelaran SATU Dental; Influencers & Media di Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Kegiatan itu diadakan dalam rangka memperluas penyampaian brand values dan meningkatkan awareness masyarakat terkait pentingnya oral health dengan cara yang inspiratif dan kreatif melalui kampanye bertajuk #UNJUKGIGI. Satu Dental hadir dengan konsep one stop solutions untuk semua permasalahan gigi dan mulut dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Beasiswa LPDP Siapkan Kuota bagi 3.256 Mahasiswa di 2023, Cek Info Lengkapnya

Hadir dalam talk show tersebut drg. Jessica Mulia, Dipl.Clin.Orth.(UK) dan Public Speaker (CEO of Parentalk) Nucha Bachri.

Dengan konsep one stop dental solutions, maka klinik SATU Dental menawarkan sebuah solusi bagi permasalahan kesehatan gigi dan mulut pasiennya hingga benar-benar tuntas dengan harga terjangkau. “SATU melayani semua kebutuhan dentalmu. Dari pembersihan karang gigi, perawatan saraf sampai bedah mulut. Apapun keluhannya, SATU punya solusinya,” tukas Felix.

Felix menyebutkan, dalam waktu kurang dari 1 tahun, SATU Dental berhasil menjangkau sebagian wilayah Jakarta dan Tangerang Raya dengan 9 cabang yang telah beroperasi. Hal ini sebagai upaya SATU Dental untuk dapat menjadi klinik gigi yang “Dekat dan Terpercaya.”

Ia mengatakan, SATU Dental juga memberikan edukasi pentingnya penggunaan mouthwash dengan menggandeng Tiga Labyang merupakan produk mouthwash lokal berbahan organik pertama di Indonesia.

Tiga Lab adalah obat kumur organik yang dibuat di Indonesia dan diformulasikan oleh Dokter Gigi Indonesia. Mengandung Propolis dan Moringa, secara scientific, Tiga Lab terbukti dapat membantu melawan virus Covid-19.

Manfaat berkumur dengan Tiga lab menyegarkan nafas, membantu melawan Covid-19, bekerja sebagai antioksidan dan anti-inflamasi, membersihkan rongga mulut dan membunuh virus bakteri serta membantu mengurangi pertumbuhan plak di mulut

“Harapan kami, SATU Dental sebagai klinik gigi dengan standar yang tinggi, ditambah dengan dukungan peralatan dan teknologi kekinian yang mumpuni, dapat memberikan pengalaman hangat dan nyaman bagi masyarakat Indonesia. Dengan hadirnya SATU Dental, masyarakat tidak perlu lagi khawatir dengan biaya yang mahal dalam mendapatkan akses perawatan gigi dan mulut," papar Felix.

Hingga saat ini, SATU Dental telah membuka cabang di sejumlah lokasi Kelapa Gading, Cengkareng, Taman Ratu, Greenlake, Gading Serpong, Banjar Wijaya, Muara Karang, Tebet dan Bintaro. Beragam perawatan gigi tersedia di SATU Dental mulai dari basic treatment seperti scaling dan dental spa, aesthethic treatment seperti whitening dan orthodonti, serta perawatan dengan pembedahan seperti implan dan pencabutan gigi bungsu.

Dalam kegiatan itu, hadir juga drg. Jessica Mulia, Dipl.Clin.Orth, yang mengulas pentingnya merawat gigi dan mulut dari sisi klinis dan kesehatan. Mulut, lanjutnya, merupakan pintu masuk segala makanan dan minuman masuk dalam tubuh. Karena itu, potensi masuknya bakteri dan kuman juga sangat tinggi. "Makanya perawatan gigi dan mulut sangat penting karena akan berpengaruh pada kesehatan tubuh lainnya," terangnya.

Public Speaker (CEO of Parentalk), Nucha Bachri menganggap kesehatan gigi mulut bagian untuk menambah rasa percaya diri di setiap momen unjuk gigi atau aktivitas keseharian. Dalam kesempatan itu, Nucha juga berbagi cerita mengenai pengalamannya kepada para tamu undangan yang hadir. “Karena itu, kesehatan gigi dan mulut jadi salah satu prioritas cek kesehatan rutin bagi saya,” katanya.

Ia memilih SATU Dental Clinic dengan berbagai alasan, mulai dari dokter dan staf yang ramah, professional, peralatan yang canggih, hingga ruangannya yang cozy & friendly. “Desain klinik yang kekinian membuat saya nyaman dan betah saat treatment di SATU Dental,” lanjutnya.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2784 seconds (11.252#12.26)