Kemendikbudristek Luncurkan Video Animasi untuk Penguatan Literasi Anak

Sabtu, 24 September 2022 - 20:48 WIB
loading...
A A A
Dalam pembuatan video ini Badan Bahasa melalui Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Literasi bekerja sama dengan rumah produksi HelloMotion. Video animasi pembelajaran literasi numerasi dibuat sebanyak 10 episode dengan tema berbeda yang dekat dengan dunia anak-anak.

“HelloMotion dipilih oleh Badan Bahasa untuk membuat video animasi ini karena rumah produksi tersebut telah sukses mengelola kekayaan intelektual berbasis karakter bernama Fun Cican. Badan Bahasa percaya dengan menggandeng HelloMotion melalui karakter Fun Cican dapat semakin efektif untuk mengedukasi tentang kecakapan literasi numerasi anak Indonesia sejak usia dini,” ungkap Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Abdul Khak.

Cican adalah karakter kelinci berambut poni dengan potensial penonton lebih dari 1 juta orang. Dia juga memiliki penggemar usia 3—8 tahun yang tersebar di seluruh Nusantara dengan nama Team Cican. Karakter ini juga sudah diakui dunia internasional dengan mendapatkan "Best 3 Favorite Character" di ajang Asia Animation Summit 2017 di Brisbane Australia yang di-voting oleh produser animasi global seperti Netflix, Cartoon Network, hingga Disney.

“Kami harap, dengan menonton video animasi ini, anak-anak Indonesia akan mendapatkan hiburan yang menyenangkan dan mendidik. Selain itu, anak-anak juga akan mendapatkan pengetahuan dan pelajaran baru tentang nilai moral, budi pekerti, persahabatan, dan pentingnya mengenal huruf dan angka,” harap Kepala Badan Bahasa.

Peluncuran episode ke-1 video animasi ini mengangkat tema “Petualangan Glen dan Bina Bersama Cican: Mengenal Angka”. Video animasi tersebut nantinya dapat dilihat oleh masyarakat di kanal Youtube Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan kanal Youtube Fun Cican. Episode-episode “Petualangan Glen dan Bina Bersama Cican” selanjutnya akan diunggah di dua kanal YouTube tersebut setiap hari Sabtu pukul 10.00 WIB.
(nnz)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3575 seconds (11.210#12.26)