Putri Mahfud MD Dilantik Jadi Dokter Spesialis Unair, Ini Sosoknya

Rabu, 28 September 2022 - 13:51 WIB
loading...
Putri Mahfud MD Dilantik Jadi Dokter Spesialis Unair, Ini Sosoknya
Vina Amalia, putri kedua Mahfud MD yang dilantik jadi dokter spesialis FK Unair. Foto/Tangkap layar laman Unair.
A A A
JAKARTA - Vina Amalia dr Sp KFR MKed Klin telah dilantik menjadi dokter spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair). Putri kedua dari Mahfud MD itu tidak hanya menyandang gelar spesialis, ia juga telah tuntas menempuh studi magisternya yakni magister kedokteran klinik.

Menjadi putri dari seorang yang terjun di dunia politik, Vina tidak pernah dituntut ayahnya untuk menekuni dunia yang sama. Ia dibebaskan memilih kariernya sendiri. Satu pesan ayahnya yang selalu dipegang, yakni bertanggung jawab dengan pilihannya.

Baca juga: Yuk Jadi Guru, Pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 2 Diperpanjang

“Saya mengalir saja. Pesan Abah adalah jujur dan tanggung jawab agar tidak tersandung masalah hukum,” ujarnya, dikutip dari laman Unair, Rabu (28/9/2022).

Vina dan kakaknya menggeluti bidang yang memang menjadi passion masing-masing. Seperti kakak pertama yang menjadi dokter dan adiknya yang menekuni hukum. Vina sendiri menjadi dokter karena terinspirasi oleh sang kakak sulung.

“Alasan lain juga karena keluarga pernah bilang, dokter ini profesi yang membolehkan kita keluar malam-malam tanpa dijudge. Kalau ditanya kok pulang malam kenapa, kita jawab melayani pasien. Orang sudah tidak memandang buruk lagi,” tambahnya yang dilantik menjadi dokter spesialis pada Kamis (22/9/2022)

Baca juga: Mengharukan, Sang Kakak Wakili Wisuda Adiknya yang Meninggal di UPNVJ

Mengabdi di Probolinggo

Keputusannya menekuni spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medik juga tidak lepas dari suaminya. Menjadi istri seorang dokter spesialis orthopaedi mendorongnya untuk mengambil spesialis itu. Harapannya saat lulus ia bisa berkolaborasi dengan sang suami.

“Dulu awalnya saya pikir spesialis rehabilitasi medik kaitannya dengan orthopaedi. Ternyata pada saat saya masuk, spesialisasi ini berkaitan dengan banyak bidang. Mulai dari neurologi hingga anak,” tambah istri dari Angga Fiandana, dr SpOT MKedKlin.

Vina menyebut, tidak semua universitas memiliki pusat rehabilitasi medik. Karenanya ia mengambil spesialis di FK Unair. Melanjutkan studi S1 nya yang juga dia tempuh di FK Unair.
Setelah lulus, ia akan ikut mengabdi bersama suaminya di RSUD Probolinggo. Itu juga menjadi kesempatan baginya untuk kembali berkumpul dengan suami dan kedua anaknya yang selama menempuh pendidikan dokter spesialis harus terpisah.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)