Mahasiswa, Ini 5 Manfaat Magang untuk Raih Karier Profesional

Jum'at, 30 September 2022 - 18:35 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini 5 Manfaat Magang untuk Raih Karier Profesional
5 manfaat magang untuk meraih karier yang profesional. Foto/Dok/Kalbis Institute.
A A A
JAKARTA - Untuk sukses menapaki karier yang profesional salah satu jalannya adalah mengikuti program magang . Dengan menjalani magang maka mahasiswa akan memiliki keahlian dan pengalaman berorganisasi yang menjadi bekal di dunia kerja nanti.

Jika umumnya magang telah diterapkan dalam organisasi kemahasiswaan (ormawa). Kali ini, Delia Nopianti selaku Digital Marketing Specialist Cakap mengulas lima manfaat magang untuk pengembangan karier di masa depan.

Baca juga: UB Kembangkan IoT Berbasis GIS di Daerah Terdampak Erupsi Semeru

1. Menambah Pengalaman

Menurut Delia, kesempatan magang baik di perusahaan konvensional maupun perusahaan rintisan (startup) ialah fase penting bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang dipelajarinya selama kuliah secara praktik. “Tentunya melatih skill, selain itu bisa mengenal kultur industri perusahaan yang kiranya cocok untuk karir kita,” ucapnya, dikutip dari laman Universitas Airlangga (Unair), Jumat (30/9/2022).

Pengalaman inilah menjadi bekal ketika mahasiswa nanti memasuki dunia kerja. Sebab, beberapa perusahaan ada yang mewajibkan pengalaman minimum magang sebagai persyaratan rekrutmen.

2. Kesempatan Belajar dari Kesalahan

Fresh graduate dari Universitas Indonesia ini menekankan bahwa mahasiswa bukan sosok yang sempurna sehingga tidak perlu takut melakukan kesalahan di tempat magang. Hal itu karena peserta magang berhak mendapat arahan dari mentor atau user.

Ia juga memberikan tips bagaimana menghindari perasaan mudah tersinggung saat ditegur. “Kita harus punya prinsip berani mengeksplor dan mau diberi arahan yang lebih baik agar ke depan dapat meminimalisir kesalahan itu,” jelasnya.

Baca juga: Pemilihan Rektor UNS Digelar Luring, Begini Tahapan Lengkapnya

3. Mengenal Budaya Kerja Perusahaan

Program magang sebagai tahapan awal memahami kultur dunia kerja yang tentu berbeda dengan perkuliahan. “Melalui magang ini, kita bisa tahu ide atau sudut pandang baru dari rekan kerja dan belajar sikap profesionalitas dalam bekerja,” sambung Delia.

Kemudian, ia memberikan contoh perbedaan magang di perusahaan dan startup dilihat dari timeline kerja dan rekan kerja. Misalnya, mayoritas di perusahaan usia rekan kerja jauh lebih tua dibandingkan mereka yang bekerja di startup sehingga pendekatannya pun berbeda.

4. Mempercantik Isi Curriculum Vitae

Dari pengalaman magang maka akan terbentuk kualitas seseorang yang dapat menarik para rekruter. Meski begitu, Delia menyarankan mahasiswa untuk memilih tempat magang yang sesuai dengan mempertimbangkan kapasitas diri.

“Jangan magang lima tempat sekaligus karena sebaiknya prioritas kuliah tetap yang utama. Biasanya lihat perusahaan yang dituju apakah bisa Work from Home (WFH), Work from Office (WFO), atau hybrid,” tuturnya.

5. Menentukan Visi Karier

Magang menjadi solusi tepat bagi mahasiswa yang masih ragu dalam memilih bidang karier. Dengan kata lain, magang sebagai tempat belajar untuk mengetahui ketertarikan dan referensi karir di masa depan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)