Konsisten Juara, MAN 2 Kota Malang Dapat Hadiah Gedung Laboratorium Olimpiade dan Sains

Jum'at, 30 September 2022 - 19:45 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya, Fina dan timnya pernah Juara 1 Olimpiade Psikologi Nasional 2021 yang digelar Universitas Airlangga. Dia juga menjadi Juara 1 Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) 2021 kategori Ilmu Sosial dan Humaniora yang digelar Kementerian Agama.

Fina berbagi cerita, untuk bisa menang lomba di MYRES 2021, dia dan tim melakukan riset di Mojokerto. Penelitiannya tentang pola prilaku masyarakat di sekitar kawasan wisata dalam melestarikan mata air yang digunakan untuk kebutuhan minum dan aktivitas sehari hari warga.

"Temuan riset, meski banyak pengunjung wisata yang datang, hal itu tidak membuat lingkungan menjadi kotor, tapi malah semakin bersih. Jadi pola prilakunya menunjukan hal positif," kata Fina.

Keasyikan dalam melakukan penelitian itu yang kemudian membuat Fina kecanduan ikut lomba. "Kecanduan," spontan Fina memberikan jawaban ketika ditanya kenapa mau ikut lomba lagi. Teman-temannya yang mendengar tertawa sembari mengiyakan jawaban Fina.

Menurutnya, dengan mengikuti lomba dia mendapat ilmu yang diperoleh dari luar sekolah. "Gimana caranya cari ide kepenulisan, tidak semua didapat di sekolah," ungkapnya.
(mpw)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1840 seconds (11.97#12.26)