Konsisten Juara, MAN 2 Kota Malang Dapat Hadiah Gedung Laboratorium Olimpiade dan Sains

Jum'at, 30 September 2022 - 19:45 WIB
loading...
Konsisten Juara, MAN 2 Kota Malang Dapat Hadiah Gedung Laboratorium Olimpiade dan Sains
Gedung Labolatorium Olimpiade dan Sains yang berlokasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang. Foto/Dok/Pendis Kemenag
A A A
MALANG - Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 2 Kota Malang konsisten meraih juara pada ajang olimpiade dan riset tingkat nasional dan internasional. Atas prestasinya tersebut, madrasah asuhan Kemenag tersebut mendapat hadiah fantastis berupa Gedung Labolatorium Olimpiade.

Wakil Kepala Bidang Kehumasan Ahmad Thohir Yoga menyebutkan, prestasi MAN 2 Kota Malang diraih melalui proses perjuangan yang sangat panjang. Komitmen madrasah untuk mengembangkan bakat dan potensi menjadi salah satu kunci.

Baca juga: Langganan Juara, Kepala MAN 2 Kota Malang: Tugas Kami Kembangkan Potensi Siswa

“Kami sangat bersyukur, dalam 5 tahun selalu meraih juara pada olimpiade tingkat nasional, MAN 2 Kota Malang mendapat hadiah berupa Gedung Laboratorium Olimpiade. Gedung empat lantai ini benar-benar kami manfaatkan dalam rangka mendukung pengembangan prestasi siswa,” Kata Yoga, panggilan akrabnya di MAN 2 Kota Malang, Kamis (29/9/2022).

Sesuai namanya, gedung ini memiliki beragam ruang laboratorium, mulai dari Matematika, Kimia, Fisika, Komputer, Kebumian, Ekonomi, dan lainnya. Gedung laboratorium menjadi ruang karantina bagi para siswa yang akan mengikuti beragam lomba, baik olimpiade, kompetisi riset, atau lainnya.

“Dalam kondisi reguler, pendalaman di laboratorium dilakukan seminggu dua kali. Namun jika level kompetisinya sudah sampai tingkat nasional, intensitasnya ditambah, bahkan sampai karantina,” jelasnya.

Baca juga: Ini Cara MIN 1 Kota Malang Kenalkan Khasanah Budaya Indonesia kepada para Siswa

“Para pelatih juga diberi kewenangan untuk menambah jam latihan. Mereka adalah para alumni MAN 2 Kota Malang yang pernah ikut dalam kejauaraan yang sama,” terangnya.

Bahkan, lanjut Yoga, seringnya menjadi juara dalam berbagai lomba, baik di level provinsi Jawa Timur, nasional, bahkan internasional, menjadikan siswa MAN 2 Kota Malang kecanduan mengikuti kompetisi.

Salah satunya dirasakan siswi kelas XII MAN 2 Kota Malang, Finayatus Sa'adah. Ditemui di Laboratorium Karya Ilmiah Remaja (KIR) MAN 2 Kota Malang, Fina tampak sedang berdiskusi dengan teman dan pelatihnya. Mereka sedang mempersiapkan diri mengikuti lomba penulisan esai.

Sebelumnya, Fina dan timnya pernah Juara 1 Olimpiade Psikologi Nasional 2021 yang digelar Universitas Airlangga. Dia juga menjadi Juara 1 Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) 2021 kategori Ilmu Sosial dan Humaniora yang digelar Kementerian Agama.

Fina berbagi cerita, untuk bisa menang lomba di MYRES 2021, dia dan tim melakukan riset di Mojokerto. Penelitiannya tentang pola prilaku masyarakat di sekitar kawasan wisata dalam melestarikan mata air yang digunakan untuk kebutuhan minum dan aktivitas sehari hari warga.

"Temuan riset, meski banyak pengunjung wisata yang datang, hal itu tidak membuat lingkungan menjadi kotor, tapi malah semakin bersih. Jadi pola prilakunya menunjukan hal positif," kata Fina.

Keasyikan dalam melakukan penelitian itu yang kemudian membuat Fina kecanduan ikut lomba. "Kecanduan," spontan Fina memberikan jawaban ketika ditanya kenapa mau ikut lomba lagi. Teman-temannya yang mendengar tertawa sembari mengiyakan jawaban Fina.

Menurutnya, dengan mengikuti lomba dia mendapat ilmu yang diperoleh dari luar sekolah. "Gimana caranya cari ide kepenulisan, tidak semua didapat di sekolah," ungkapnya.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3584 seconds (11.210#12.26)