3 Jenderal TNI yang Memiliki Gelar Doktor, dari Penerima Predikat Cumlaude hingga Selesaikan Pendidikan di Luar Negeri

Rabu, 05 Oktober 2022 - 14:42 WIB
loading...
3 Jenderal TNI yang Memiliki Gelar Doktor, dari Penerima Predikat Cumlaude hingga Selesaikan Pendidikan di Luar Negeri
Terdapat tiga Jenderal TNI yang telah menyelesaikan pendidikan S3 dan meraih gelar doktor. Salah satunya Jenderal Andika
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga Jenderal TNI yang telah menyelesaikan pendidikan S3 dan meraih gelar Doktor . Mereka merupakan tokoh yang patut ditiru prestasinya.

Sebagai seorang prajurit TNI bukan berarti mengesampikan pendidikan formal. Justru semakin tinggi pangkat akan semakin panjang pula jalan pendidikan yang telah ditempuh.

Baca juga : Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari Unhan

Hal tersebut telah dibuktikan oleh beberapa Jenderal TNI ini yang mendapat gelar doktor di tengah kesibukannya dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur negara.

Menurut Peraturan Menteri KEMENRISTEK-DIKTI No.16 Tahun 2016 tentang Gelar Doktor Kehormatan, Gelar Doktor merupakan gelar kehormatan yang diberikan perguruan tinggi yang memiliki program Doktor kepada perseorangan atas jasa yang luar biasa baik untuk ilmu pengetahuan, teknologi atau kemanusiaan.

Para Jenderal TNI yang memiliki gelar ini tentunya akan dipandang lebih memiliki kredibilitas dan integritas dalam menjalankan tugasnya.

Berikut tiga Jenderal TNI yang memiliki gelar Doktor :

1. Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Gelar Doktor Jenderal TNI Dudung didapat dari Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat di bidang Ilmu Ekonomi pada Juni 2022. Lebih membanggakannya lagi dia meraih gelar tersebut dengan predikat cumlaude.

Dalam disertasinya, Dudung mempresentasikan penelitiannya yang berjudul 'Pengaruh Strategic Leadership Style dan Green Human Resource Management Terhadap Management Performance Kodam Jaya yang Dimediasi oleh Teamwork Management'.

Pria asal Bandung ini merupakan jebolan Akmil 1988 dari kecabangan infanteri. Kehidupan remajanya tergolong sederhana bahkan dia sempat menjadi loper koran dan berjualan kue. Usahanya dulu tak membohongi hasil yang diterimanya sekarang.

Saat ini Jenderal TNI Dudung menjabat sebagai sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) sejak 17 November 2021 lalu.

Baca juga : Langganan Jadi Lulusan Terbaik, Jenderal Bintang 2 Ini Raih Doktor dengan Status Cumlaude

2. Mayjen TNI Totok Imam Santoso

Mayjen TNI Totok Imam Santoso berhasil meraih gelar Doktor dari Universitas Sahid dengan status cumlaude dalam jenjang waktu 3,5 tahun saja. Gelar tersebut didapatnya pada pada Juni 2022.

Predikat cumlaude itu diterima Mayjen Totok dengan mengusung disertasi berjudul Komunikasi Instruksional di Lembaga Pendidikan Menuju Center of Excellence (Studi Kasus di Lemdik Akademi Militer Magelang).

Prestasi gemilang Mayjen Totok juga didapat dalam Pendidikan Pengembangan Spesialisasi (Dikbangpes). Pria yang pernah menjabat Gubernur Akmil ini tercatat lulusan terbaik Suspa Intelpur, Tar Binlatsat, Sus Danyon Multi Corps, Suspa Intelstrat Tk I, Sus Dandim, dan Sus Danrem.

3. Jenderal TNI Andika Perkasa

Panglima TNI yang menjabat sejak 17 November 2021 ini telah menyelesaikan pendidikan S3 dari The Trachtenberg School of Public Policy and Public Administration, The George Washington University, Washington D.C, Amerika Serikat pada tahun 2005 lalu.

Sebelumnya dia telah mendapatkan tiga gelar S2 dari tiga universitas bergengsi di Amerika Serikat. The Military College of Vermont Norwich University, National War College, National Defense University, dan Harvard University.

Sementara untuk pendidikan S1 dia menyelesaikan pendidikan di Universitas Terbuka mengambil Jurusan Manajemen.
(bim)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2700 seconds (11.210#12.26)