Ini Tips Jitu Lolos Beasiswa ke Taiwan dan 4 Jurusan Favoritnya

Kamis, 06 Oktober 2022 - 19:44 WIB
loading...
Ini Tips Jitu Lolos Beasiswa ke Taiwan dan 4 Jurusan Favoritnya
Tips lolos beasiswa ke Taiwan dan 4 jurusan favoritnya. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Taiwan menjadi destinasi pelajar internasional untuk menempuh pendidikan tinggi . Untuk menarik lebih banyak pelajar, termasuk dari Indonesia pemerintah Taiwan dan juga universitas pun menyediakan banyak peluang beasiswa .

Salah satu yang paling bergengsi adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan Taiwan. Namun di samping itu, masing-masing universitas juga menyediakan beasiswa, mulai dari hibah perjalanan, pembebasan biaya kuliah, hingga beasiswa penuh.

“Kami menawarkan berbagai program beasiswa, magang, hingga kesempatan kerja untuk memberikan pendidikan berkualitas dan pengalaman belajar langsung. Kami juga menjamin keselamatan, kebebasan, dan kesehatan mereka dengan memberikan Jaminan Kesehatan Nasional,” ujar Perwakilan dari Asia University Prof. Dr. Ying-Huei Chen, dikutip dari laman Unair, Kamis (6/10/2022).

Baca juga: Hore, Beasiswa Stipendium Hungaricum ke Hungaria Ditambah Kuotanya

“Pemerintah Taiwan juga menyediakan fasilitas canggih bagi mahasiswa internasional untuk mendukung kegiatan akademik dan non-akademik mereka selama studi di Taiwan,” tuturnya.

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan untuk studi ke Taiwan? Prof Chen, sapaannya, menyampaikan bahwa sedikitnya sejumlah persiapan yang wajib dipenuhi adalah IPK, skor Test of English as a Foreign Language (TOEFL) atau The Test Of Chinese as a Foreign Language (TOCFL), hingga rencana studi. Selain itu, calon mahasiswa juga perlu menyertakan surat rekomendasi terbaiknya.

“Persiapkan dokumen sesuai dengan persyaratan masing-masing universitas atau jurusan, sebagaimana tercantum di halaman web kampus yang dituju. Pastikan kalian melakukan riset yang baik tentang universitas yang kalian pilih sebelum mengambil keputusan,” ujar Prof Chen.

Menurut statistik resmi Kementerian Pendidikan Taiwan, pada tahun 2020 jumlah pelajar dari Indonesia di Taiwan adalah 13.810. Jumlahnya meningkat menjadi 16.000 mahasiswa pada tahun 2021. Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara penyumbang mahasiswa asing terbesar kedua setelah Vietnam.

Baca juga: 60 Mahasiswa UGM Raih Beasiswa Freeport Indonesia

Prof Chen menuturkan, mayoritas mahasiswa Indonesia mengambil gelar PhD dan Master. Jurusan yang paling banyak diminati adalah Administrasi Bisnis, Ilmu Komputer, Informatika dan Teknik, dan Ilmu Sosial.

“Tahun 2022 ini kami mengharapkan ada sekitar 17.000 pelajar dari Indonesia. Trennya terus meningkat dari tahun ke tahun, ini menunjukkan keberhasilan THEF,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sejak diadakan pada 2017 lalu, Universitas Airlangga telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan THEF setiap tahunnya. Melalui lembaga Taiwan Education Center in Surabaya (TECSID) yang berlokasi di Kantor Manajemen Kampus C Unair, para mahasiswa Unair dan lainnya dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai studi lanjut di Taiwan.

“Dengan diselenggarakannya THEF ini, kami berharap mahasiswa Indonesia dapat lebih mengetahui keunggulan masing-masing universitas, sehingga dapat mengidentifikasi kampus favorit untuk studi mereka. Harapannya juga agar jumlah mahasiswa dari Indonesia yang datang ke Taiwan semakin meningkat.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1699 seconds (11.252#12.26)