Masuk PTN 2023, Tryout Gratis Quipper Adaptasi Soal Tes Skolastik Terbaru

Senin, 10 Oktober 2022 - 19:45 WIB
loading...
Masuk PTN 2023, Tryout Gratis Quipper Adaptasi Soal Tes Skolastik Terbaru
Quipper mengadakan Tryout Nasional UTBK SNBT 2023 secara gratis mulai 10-16 Oktober 2022. Foto/Dok/Quipper
A A A
JAKARTA - Quipper , perusahaan teknologi pendidikan (edtech) mengadakan Tryout Nasional UTBK SNBT 2023 secara gratis mulai 10-16 Oktober 2022. Hal ini untuk membantu pelajar meningkatkan kemampuan menjawab soal-soal Tes Skolastik.

Tryout Nasional UTBK SNBT 2023 sudah sesuai dengan aturan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaru dari sisi soal dan pembahasannya.



Sistem pendidikan Indonesia kembali bertransformasi. Kali ini, Kemendikbudristek mengeluarkan aturan baru terkait seleksi masuk PTN, salah satunya seleksi berdasarkan tes atau yang sekarang disebut Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Dalam aturan terbaru SNBT, Tes Kemampuan Akademik (TKA) dihapuskan dan Tes Potensi Skolastik (TPS) diganti dengan empat subtes skolastik di antaranya tes kognitif, penalaran matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia, dan literasi dalam Bahasa Inggris.

Tujuannya yaitu untuk mencetak calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan penalaran dan kognisi tinggi.



Perubahan aturan ini cukup membuat banyak siswa cemas. Terlebih sebagaimana SNBT menyediakan peluang paling besar yakni minimal 40% dibandingkan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau seleksi Mandiri, sehingga mayoritas siswa akan menggantungkan nasibnya pada jalur ini.

Setidaknya terdapat dua hal yang menjadi sumber kecemasan siswa yakni belum bersahabatnya siswa dengan tipe soal terbaru dan waktu persiapan yang semakin sedikit untuk belajar. Meski Tes Skolastik pada dasarnya mirip Tes Potensi Skolastik (TPS), akan tetapi soal-soal yang keluar dikhawatirkan tetap berbeda dari tipe soal lama.

Head of Marketing Quipper Indonesia, Dedy Purwanto mengatakan siswa kelas 12 maupun gap year memiliki tantangan besar untuk menyusun strategi matang sejak dini dalam menghadapi SNBT 2023. Salah satunya caranya dengan memperbanyak simulasi tes seperti Tryout Nasional UTBK SNBT 2023 yang diselenggarakan Quipper secara gratis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2571 seconds (0.1#10.140)