Kompetisi Sains Madrasah 2022 Resmi Dibuka, 446 Siswa Siap Bertanding

Senin, 10 Oktober 2022 - 12:53 WIB
loading...
Kompetisi Sains Madrasah 2022 Resmi Dibuka, 446 Siswa Siap Bertanding
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas resmi membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di TMII, Jakarta Timur, Senin (10/10/2022). Foto/Pendis Kemenag
A A A
JAKARTA - Kompetisi Sains Madrasah ( KSM ) resmi dibuka oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Senin (10/10/2022). Olimpaide sains akan diikuti sebanyak 446 siswa dari seluruh provinsi di Indonesia.

Kompetisi yang mengambil tema “Mandiri Berprestasi Bangkitkan Negeri” ini akan digelar selama 4 hari, hingga 14 Oktober 2022. Di dalamnya ada 10 mata lomba, yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.



Tahun ini, KSM digelar terpadu di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Menteri Agama mengaku bangga dengan kompetisi sains nasional, yang juga diikuti oleh sekolah-sekolah umum, dapat digelar oleh Kemenag, yang kali ini merupakan event ke-11. Ini menjadi bukti bahwa anak madrasah telah berevolusi dari institusi tradisional menjadi sekolah berciri khas Islam yang handal pula dalam ilmu dan tekonologi.

"I'm so proud. Saranghaeyo!" kata Menag saat berpidato membuka acara Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022. Ia menambahkan, prestasi anak madrasah dalam ajang sains di dalam negeri maupun internasional sudah sangat membanggakan.

KSM Nasional ini akan memperebutkan sejumlah tropi penghargaan dalam tiga kategori, yaitu Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Di arena yang sama juga digelar Madrasah Young Researchers Supercamp dan Science Expo.



Menurut Gus Men, prestasi yang diukir anak madrasah dari tahun ke tahun semakin moncer saja. Agustus lalu, pada hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dua madrasah nangkring di lima besar rerata tertinggi UTBK 2022, yaitu MAN Insan Cendekia Serpong dan MAN Insan Cendekia Pekalongan.

Tim MAN Insan Cendekia Gorontalo meraih emas pada International Standard Olympiad (ISO) ke-17 yang diselenggarakan di Hybrid, Korea Selatan. Prestasi individual juga bermunculan di ajang-ajang bergengsi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3292 seconds (0.1#10.140)