Jaring Talenta Muda, Kemenag Kembali Gelar Kompetisi Sains Madrasah pada 10-14 Oktober 2022

Minggu, 09 Oktober 2022 - 10:09 WIB
loading...
Jaring Talenta Muda, Kemenag Kembali Gelar Kompetisi Sains Madrasah pada 10-14 Oktober 2022
Kompetisi Sains Madrasah 2019 di IAIN Manado pada 16-21 September 2022. Foto/Dok/Pendis Kemenag
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama ( Kemenag ) akan menggelar Kompetisi sains Madrasah (KSM) 2022 di Asrama Haji Pondok Gede, Pinang Ranti, Jakarta Timur. Kompetisi digelar selama 4 hari, mulai 10–14 Oktober 2022.

Acara yang bertema “Mandiri Berprestasi Bangkitkan Negeri” ini, pembukaannya akan dilakukan oleh Menteri Agama, Yaqut Chilil Qoumas di Asrama Haji Pondok Gede, Senin (10/10/2022).



KSM adalah ajang kompetisi sains paling bergengsi di lingkungan Madrasah. Acara ini akan mempertemukan para siswa juara dari tiga jenjang madrasah, yaitu Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

Mereka yang berlaga di Jakarta adalah para siswa yang sebelumnya telah memenangi kompetisi di tingkat kabupaten dan provinsi.

Selain Kompetisi Sains Madrasah, di dalamnya juga ada sub kegiatan yang melebur dalam acara ini, yaitu Madrasah Young Researchers Supercamp dan Science Expo.



Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku senang, pihaknya dapat kembali menyelenggarakan acara KSM setelah dua tahun terpaksa dilakukan dengan cara daring. Event seperti ini penting untuk menciptakan iklim kompetisi yang kuat di kalangan madrasah.

"Anak-anak madrasah saat ini jauh berkembang. Mereka tumbuh di zaman yang berbeda, dalam suasana revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Kita harus memberikan mereka bekal agar siap menghadapi segala tantangan," kata Menag.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, M. Ali Ramdhani menambahkan, pemerintah memiliki beban untuk menjawab tantangan publik muslim, agar menciptakan segala berciri agama yang memiliki kapasitas mendalami keilmuan sains.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)