Lulusan Polbangtan Diminta Gunakan Semua Akses Teknologi Bangun Sektor Pertanian

Selasa, 11 Oktober 2022 - 10:40 WIB
loading...
Lulusan Polbangtan Diminta Gunakan Semua Akses Teknologi Bangun Sektor Pertanian
Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) praktik lapangan. Foto/Dok/Polbangtan
A A A
JAKARTA - Lulusan Politeknik Pembangunan Pertanian ( Polbangtan ) diminta untuk menggunakan semua akses teknologi dalam membangun sektor pertanian yang maju dan modern. Karena, teori dan pelatihan sudah didapatkan mereka selama di kampus.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Dia menilai lulusan Polbangtan adalah lulusan terbaik yang disiapkan khusus dalam ilmu pertanian . Maka itu, semua alumni Polbangtan diharapkan mampu menjadi pemantik dalam mengembangkan diri menuju persaingan global.

Baca juga: Ini 4 Fakultas Teknik Terbaik di Indonesia Versi WUR 2022

"Buktikan kepada orang tuamu dan bangsa ini, anak muda pasti bisa. Kamu muda, kamu berkreasi. Pertanian itu tidak pernah berhenti, pertanian dibutuhkan oleh bangsa ini," kata Syahrul dalam keterangan pers, Selasa (11/10/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa para alumni Polbangtan bakal menjadi penyangga republik. Dirinya pun kembali menyinggung ketangguhan pertanian saat pandemi Covid-19 menerpa.

Dia mengungkapkan ketika semua sektor merah, pertanian tumbuh 16,24%. Dia juga berharap anak muda menggagas ide besar untuk menciptakan peluang baru di masa mendatang.

Baca juga: Bertandang ke MIT, Delegasi UI Bahas Riset Bidang Energi

"Petani milenial jangan mau kalah dengan petani kolonial. Yang namanya petani milenial itu punya pergaulan dan bergaulan dengan orang-orang baik. Yang saya senang, mereka tak mau kalah," kata Syahrul.

Lebih lanjut dia mengatakan, di tengah ancaman krisis pangan dan anomali iklim, tangan-tangan kreatif anak muda dalam memperkuat ketahanan pangan nasional amat diperlukan. Apalagi, lanjut dia, Indonesia punya tanah yang subur dan bisa ditanami apa saja yang dibutuhkan warga dunia.

"Dunia mengharapkan kita dan pangan Indonesia menjadi sesuatu yang berarti. Karena itu, pertama, mitigasi tantanganmu. Kedua, adaptasi, dan yang ketiga adalah hadapi tantangan bersama-sama," imbuhnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1973 seconds (11.210#12.26)