Inilah Riwayat Pendidikan dan Karier Nadiem Makarim, Sangat Menginspirasi

Minggu, 16 Oktober 2022 - 19:11 WIB
loading...
Inilah Riwayat Pendidikan dan Karier Nadiem Makarim, Sangat Menginspirasi
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nadiem Anwar Makarim atau sering dikenal dengan Nadiem Makarim lahir di Singapura, 4 Juli 1984. Nadiem merupakan seorang pengusaha Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Mendikbudristek ) di Kabinet Indonesia Maju.

Nadiem adalah putra dari Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri. Ayahnya merupakan seorang aktivis dan pengacara dengan keturunan Minang-Arab. Sedangkan ibunya merupakan seorang penulis lepas dan ia adalah putri dari Hamid Algadri, seorang perintis kemerdekaan Indonesia.



Istri Nadiem bernama Franka Franklin, mereka menikah di tahun 2014 dan dikaruniai seorang putri yang bernama Solara Franklin Makarim.

Berbeda dengan orang tuanya yang tidak berasal dari kalangan pengusaha, Nadiem memilih jalan yang berbeda dengan orang tuanya. Naluri bisnisnya sangat tajam. Sehingga membuat ia menjadi seorang pendiri Gojek yang merupakan perusahaan transportasi dan penyedia jasa.

Dengan berbasis keberaniannya dalam bidang bisnis yang berpotensi dari Indonesia hingga dapat memasarkan perusahaan yang ia miliki di sejumlah negara di Asia Tenggara, contohnya Singapura, Thailand, dan Vietnam.



Riwayat Pendidikan dan Karier

Nadiem Makarim memulai sekolah SD hingga SMP di Jakarta, kemudian melanjutkan SMA di United World College of Southeast Asia tahun 2002 di Singapura. Setelah lulus dari SMA ia melanjutkan pendidikannya dengan mengambil jurusan Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat dan berhasil mendapat gelar BA pada jurusan tersebut.

ia juga pernah mengikuti pertukaran antar pelajar di London School of Economics. Setelah mendapatkan gelar sarjananya di tahun 2006, karena tidak puas akan ilmu yang ia miliki maka Nadiem Makarim kembali melanjutkan pendidikannya seperti ayahnya dan mengambil gelar masternya di Harvard Business School sehingga mendapatkan gelar Master Of Business Administration.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2295 seconds (0.1#10.140)